Jumat Sedekah, JRHAN Kendal Adakan Donor Darah

Dokter ahli darah PMI Kendal, dr Agus Suwondo mengatakan bahwa saat ini stok darah yang berada di bank darah pihaknya dalam kondisi yang aman

Jumat Sedekah, JRHAN Kendal Adakan Donor Darah
Tribunjateng.com/Dhian Adi Putranto
Masyarakat umum ikut dalam donor darah yang diadakan oleh JRHAN bersama PMI Kendal 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Budayakan jumat bersedekah, Jejaring Relawan Anak Handal Negeri (JRAHN) Kendal gandeng PMI Kendal untuk lakukan donor darah massal di posko JRHAN Jumat (8/3).

Donor darah yang diikuti oleh puluhan peserta dari anggota JRHAN dan umum itu nantinya juga menambah stok darah milik PMI untuk menghadapi bulan puasa yang tinggal dua bulan lagi.

Ketua JRHAN, Heri Meidianto mengatakan bahwa pihaknya sering mengadakan kegiatan sosial yang dilakukan pada hari jumat.

Seperti ikut serta dalam membersihkan sungai dari tumpukan sampah, membersihkan makam dari para pendiri Kabupaten Kendal dan bersedekah ke masyarakat kurang mampu.

"Jumat kali ini kami mengadakan donor darah sebagai upaya kepedulian kami dan memberikan manfaat kepada masyarakat. Meskipun ini kami tujukan kepada anggota kami, kami juga membuka secara umum agar masyarakat umum juga ikut menyumbangkan darah mereka," ungkapnya

Sementara itu, Dokter ahli darah PMI Kendal, dr Agus Suwondo mengatakan bahwa saat ini stok darah yang berada di bank darah pihaknya dalam kondisi yang aman untuk beberapa bulan ke depan.

"Stok saat ini untuk darah golongan darah A sebanyak 44 kantung, golongan darah B 148 kantung,golongan darah 0 sebanyak 164 kantung dan golongan darah AB sebanyak 31 kantung, masih aman sampai bulan persediaan Bulan Ramadhan," jelasnya

Pihaknya pun juga rutin melakukan donor darah dengan berkeliling ke tempat-tempat berkumpulnya orang agar dapat menjaring banyak sukarelawan yang mau menyumbangkan darah mereka untuk kemanujiaan, seperti saat ini yakni berkerjasama dengan JRHAN.

"Pada Bulan Ramadhan pun kami juga membuka layanan donor darah pada malah hari agar masyarakat dapat mendonorkan darah mereka pada malam hari selepas buka puasa," pungkasnya. (*)

Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved