KPU Demak Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di Mranggen Demak

KPU Demak menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara di Balai Desa Semen, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Sabtu (9/3/2019).

KPU Demak Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di Mranggen Demak
Tribunjateng/Alaqsha Gilang Imantara
Pemilih tuna daksa, Mustofa Salim (40) dibantu Linmas ketika memasukkan surat suara ke kotak suara dalam simulasi pemungutan dan penghitungan suara KPU Demak di Balai Desa Semen, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Sabtu (9/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Alaqsha Gilang Imantara

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - KPU Demak menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara di Balai Desa Menur, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Sabtu (9/3/2019).

Awalnya, anggota KPPS dan PPS bersama-sama dengan saksi membuka kotak surat suara yang sudah ada. Mereka mengeluarkan seluruh alat kelengkapan di kotak surat suara dan memastikan kotak surat suara kosong.

Setelah itu, petugas KPPS mulai melayani warga untuk mengikuti simulasi kotak surat suara. Satu persatu warga mulai mengikuti simulasi pemungutan suara di TPS.

Ketua KPU Demak, Bambang Setya Budi mengatakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara bertujuan untuk menggambarkan kondisi riil atau situasi sebenarnya yang akan terjadi pada 17 April 2019 mulai proses pemungutan sampai proses penghitungan suara.

Selain itu, kata dia, kegiatan juga bertujuan untuk mengantisipasi kejadian-kejadian di lapangan yang nantinya mungkin akan terjadi.

"Hal ini menjadi catatan kami kedepan untuk bekal bimtek bagi PPS, KPPS, PPK,"ucapnya.

Pemilih Tuna daksa, Mustofa Salim (40) mengaku tidak mengalami kesulitan berarti saat simulasi pemungutan suara karena dibantu oleh linmas. Dia hanya kesulitan untuk membuka dan menutup surat suara karena tangan yang bisa digunakan hanya satu, yaitu tangan kiri sehingga dia kesusahan.

"Saya bingung dengan gambar-gambar caleg-calegnya, karena saya sudah tua, kalau masih muda mungkin sudah biasa,"ujar pria dari desa Menur ini.

Dia berharap para caleg maupun capres-cawapres lebih mengenalkan caleg-calegnya agar masyarakat lebih mengetahui.

Simulasi pemungutan suara dan penghitungan suara dihadiri oleh Desk Pemilu Pemkab Demak, Edi Suntoro, Camat Mranggen Wiwin Edi Widodo, Kabag Ops Polres Demak Kompol Ahmadi, Panitia Pengawas Kecamatan (PPK) Sekabupaten Demak, Panitia Pemungutan Suara (PPS) sekecamatan Mranggen. (agi)

Penulis: Alaqsha Gilang Imantara
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved