19 SMP di Kendal Masih Menyelenggarakan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP)

19 SMP di Kabupaten Kendal yang masih menyelenggarakan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP).

19 SMP di Kendal Masih Menyelenggarakan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP)
TRIBUN JATENG/dok
ilustrasi - Seorang siswi mengerjakan soal ujian nasional secara serius

Laporan wartawan Tribun Jateng Dhian Adi Putranto

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Seluruh Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Kendal belum dapat menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun ajaran 2018/2019.

Pasalnya masih ada 19 SMP di Kabupaten Kendal yang masih menyelenggarakan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP).

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kendal, Sutadi mengatakan dari 150 SMP di Kabupaten Kendal, sebanyak 131 SMP yang akan melaksanakan Ujian Nasional menggunakan komputer. Hal itu mengalami peningkatan 95 persen dibandingkan dengan jumlah SMP yang melaksanakan UNBK pada tahun sebelumnya.

"Pada tahun 2018 hanya 67 SMP yang melaksanakan UNBK. Saat ini sudah 131 SMP. Jumlah pesertanya sebanyak 14.989 siswa," ujarnya, Senin (11/3)

Ia mengatakan bahwa UNBK akan diselenggarakan pada tanggal 22 hingga 25 April 2019. Mata ujian yang diujikan pada Ujian Nasional yakni Ilmu Pengetahuan Alam, Bahasa Indonesia dan matematika.

"Untuk mempersiapkan siswa menghadapi ujian, Kami juga menyelenggarakan tryout sebanyak tiga kali. Saat ini sudah dua kali pelaksanaan tryoutnya," tuturnya

Menurutnya saat ini para sekolah melakukan persiapan untuk menghadapi UNBK seperti menyiapkan piranti komputer, sumber daya listrik cadangan seperti jenset, pembuatan jaringan internet, dan melakukan penguatan materi dan mental siswa.

"Kami sudah berkomunikasi dengan PLN dan pihak Telkom untuk mendukung kelancaran pelaksanaan UNBK nanti agar UNBK dapat berjalan dengan baik," ujarnya.

Sementara bagi sekolah yang belum dapat melaksanakan UNBK akan tetap melaksanakan UNKP. Pelaksanaan UNKP akan dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan UNBK.

"Sebelum melaksanakan UNBK siswa akan melaksanakan USBN (Ujian Nasional Berstandar Nasional) pada tanggal 8 sampai 15 April," pungkasnya.(*)

Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved