BMKG Gelar Sekolah Lapang Iklim Ketiga di Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Semarang menggelar sekolah lapang iklim (SLI) tahap 3, di Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung.

BMKG Gelar Sekolah Lapang Iklim Ketiga di Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung
TRIBUN JATENG/YAYAN ISRO ROZIKI
Tanam padi perdana SLI tahap 3 BMKG Semarang, di demplot yang ada di area persawahan Desa Tegalsari, Kecamatan Kedu, Temanggung, Senin (11/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, TEMANGGUNG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Semarang, menggelar sekolah lapang iklim (SLI) tahap 3, di Desa Tegalsari, Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung, Senin (11/3/2019).

SLI digelar BMKG sejak 2011 di wilayah-wilayah yang merupakan lumbung pangan, untuk mengantisipasi dampak‎ fenomena iklim ektsrim terhadap tanaman pangan.

Seorang petani yang juga merupakan peserta ‎SLI tahap 3, Zainal Ma'ruf, mengaku bersemangat mengikuti sekolah singkat selama empat bulan ini.

Menurutnya, dengan bekal pengetahuan dari SLI nanti, para petani sedikit-banyak akan mampu memprediksi hama dan penyakit yang timbul dari dampak cuaca ekstrim.

"Sehingga, kita bisa melakukan antisipasi lebih dini. Dengan begitu, diharapkan hasil panen nanti bisa lebih maksimal," ujar warga Desa Danurejo, Kecamatan Kedu, di sela-sela kegiatan.

Emak-emak Temanggung Doakan Jokowi-Maruf Menang Pilpres

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala BMKG Semarang, Tuban Wiyoso; Bupati Temanggung, M. Al Khadziq; anggota Komisi V DPR RI, Sudjadi; puluhan perwakilan petani dari desa-desa yang ada di Kedu‎.

Juga, perwakilan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) dan perwakilan pejabat dinas terkait, kecamatan dan desa setempat.

Kepala BMKG Semarang, Tuban Wiyoso, mengatakan SLI digelar guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dalam memanfaatkan informasi iklim di wilayahnya masing-masing, serta dampak yang bakal ditimbulkan.

Menurutnya, iklim adalah kondisi rata-rata cuaca yang terjadi.

Unsur cuaca, disebutkan, ada ‎suhu, kelembaban, curah hujan, angin, dan lainnya.

Halaman
12
Penulis: yayan isro roziki
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved