Mengintip Caleg Ziarahi Makam Keramat Jelang Pemilu dan pilpres 2019

Menjelang Pemilu 2019, sejumlah calon legislatif (caleg) melakukan beberapa cara untuk menang dan berhasil duduk di kursi dewan.

Mengintip Caleg Ziarahi Makam Keramat Jelang Pemilu dan pilpres 2019
TRIBUNJATENG/DINI
Ada tiga makam ulama atau dianggap sesepuh terkena proyek jalan Tol Batang-Semarang. Lokasi makam di Dukuh Penjor, Desa Nolokerto Kabupaten Kendal. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Menjelang Pemilu 2019, sejumlah calon legislatif (caleg) melakukan beberapa cara untuk menang dan berhasil duduk di kursi dewan.

Selain datang langsung menemui konstituennya, pasang baliho atau menyebar publikasi untuk meraih simpati warga, juga melakukan cara-cara di belakang layar.

Sebut saja datang ke orang pintar, minta doa rohaniwan, ziarah ke makam keramat dan serupanya. Di Jawa Tengah banyak hal itu terjadi, meski dilakukan secara sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan.

Bahkan ada penawaran dari orang pintar untuk membentengi diri atau tubuhnya dipagari, dengan tujuan tertentu.

Yuliana seorang caleg DPRD Kota Semarang mengaku tiba-tiba dihubungi orang yang belum dikenalnya.

Penelepon itu menawarkan hal-hal mistis, membentengi diri secara gaib.

"Dia bilang kalau tubuh saya harus dibentengi supaya bisa menang,” kata Yuliana di Jalan Pandanaran, Kota Semarang, Minggu (10/3) saat acara deklarasi dukungan kepada capres.

Karena merasa aneh, Yuliana pun mengikuti saran dan ajakan tersebut. Ia beranggapan cara tersebut tidak akan efektif membuatnya menang dalam pileg 2019 ini.

"Jadi saya nggak tahu biaya berapa, syaratnya seperti apa. Saya cuma bilang nggak. Orang itu mengubungi dan menawarkann saya lewat pesan WhatsApp," imbuhnya.

Yuliana mengaku tidak mencari dukungan atau menggalang suara dengan datang ke makam keramat atau orang pintar. Jika pun membutuhkan penguatan mental secara religius ia lebih nyaman beribadah
dan memohon langsung kepada Tuhan.

Halaman
123
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved