Hari Ini, Komisi III DPR Tentukan Nama Hakim MK, Inilah 11 Nama Kandidatnya

Wakil Ketua Komisi III DPR, Erma Suryani Ranik mengatakan, pihaknya juga sudah menerima hasil penilaian tim panitia seleksi (pansel)

Hari Ini, Komisi III DPR Tentukan Nama Hakim MK, Inilah 11 Nama Kandidatnya
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) terpilih Anwar usman (kedua kiri) bersama Wakil Ketua MK terpilih Aswanto (kiri) dan Hakim MK Arief Hidayat (kedua kanan) mengikuti pengambilan sumpah Ketua MK terpilih di Gedung MK, Jakarta, Senin (2/4/2018). Anwar usman dan Aswanto terpilih secara voting sebagai Ketua dan Wakil Ketua MK periode 2018-2020. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Komisi III DPR akan menentukan hakim Mahkamah Konstitusi, Selasa (12/3) hari ini. Wakil Ketua Komisi III DPR, Erma Suryani Ranik mengatakan, pihaknya juga sudah menerima hasil penilaian tim panitia seleksi (pansel) terhadap para calon hakim.

"Keputusan Komisi III adalah mempertimbangkan hasil penilaian empat orang anggota tim ahli ini karena mereka bekerja hampir sebulan ini kami percaya penuh dengan mereka," ujar Erma di kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (11/3).

"Akan tetapi, sekali lagi putusan adalah putusan fraksi besok pukul 11.00, Komisi III akan memutuskan nama dua orang calon hakim MK terpilih," tambah dia.

Erma mengatakan, mekanisme pemilihan awalnya akan dilakukan dengan musyawarah antarfraksi. Namun jika tidak mendapatkan kesepakatan, Komisi III akan melakukan voting untuk mengambil keputusan.

"Kalau tidak bisa dengan musyawarah antarfraksi kami akan berlanjut pada mekanisme voting karena 53 orang anggota Komisi III sudah siap besok (hari ini) hadiruntuk mengikuti mekanisme pemilihan hakim MK," kata Erma.

Komisi III DPR bersama tim ahli telah melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap 11 calon hakim MK.

Ke-11 nama tersebut adalah

1. Hestu Armiwulan Sochmawardiah,

2. Aidul Fitriciada Azhari,

3. Bahrul Ilmi Yakup,

4. M Galang Asmara,

5. Wahiduddin Adams,

6. Refly Harun,

7. Aswanto,

8. Ichsan Anwary,

9. Askari Razak,

10. Umbu Rauta

11. Sugianto.

Ada dua calon hakim yang akan dipilih untuk menggantikan Wahiduddin Adams dan Aswanto. Masa jabatan keduanya akan berakhir pada 21 Maret 2019. (kps/Tribunnews)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved