Upgrade Pengetahuan Kelola Informasi, Diskominfo Salatiga Gelar Workshop

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Salatiga menggelar pelatihan bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Upgrade Pengetahuan Kelola Informasi, Diskominfo Salatiga Gelar Workshop
Istimewa
Sejumlah pejabat PPID Diskominfo Salatiga mengikuti workshop di Yogyakarta. 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Salatiga menggelar pelatihan bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga.

Kepala Diskominfo Kota Salatiga Nasirudin mengatakan workshop yang ada ialah sebagai wujud dari pelaksanaan Undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

"Hadir sebagai narasumber Komisioner Komisi Informasi RI Gde Narayana dan Komisioner Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah Slamet Haryanto. Acara sendiri berlangsung sampai Kamis (14/3/2019)," terangnya dalam rilis kepada Tribunjateng.com, Rabu (13/3/2019)

Pada pelatihan kali ini lanjutnya mengangkat tema "Keterbukaan Informasi Tantangan dan Peluang PPID Tangguh, Kreatif dan Inovatif". Ia menambahkan acara telah dimulai pada Selasa (12/3/2019).

Nasirudin berharap setelah mengikuti workshop ini para pejabat PPID selaku petugas yang ditunjuk untuk mengelola informasi dari badan publik dapat memberikan pelayanan informasi secara maksimal kepada masyarakat.

“Harapan kami ketika pasca workshop ini dijalankan, kita semua dapat menjalankan tugas kita selaku badan publik dalam rangka memberikan informasi kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya," katanya.

Pihaknya menyampaikan mengenai keterbukaan infomasi publik, Kota Salatiga tergolong belum informatif kendati pemanfaatan website sebagai satu tolok ukur penilaian sudah cukup informatif.

Hanya saja kata dia, secara keseluruhan masih belum memenuhi standar karena ada beberapa kriteria yang belum terpenuhi.

Karenanya lanjutnya, dari workshop kali ini titik tekan adalah bagaimana PPID dapat mengklasifikan informasi.

"Seperti diketahui sesuai dengan aturan Undang-undang tentang informasi publik dibagi menjadi beberapa jenis informasi yang wajib diumumkan secara berkala, kemudian tersedia setiap saat, serta informasi yang dikecualikan," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: M Nafiul Haris
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved