Udinus Kembangkan Kursi Roda Berteknologi Modern, Ingin Jalan Cukup Gerakan Jari Tangan

Kursi roda hasil pengembangan progdi Teknik Biomedis Udinus ini, secara teknis dipasangi sensor flex di sebuah sarung tangan pengendali

Udinus Kembangkan Kursi Roda Berteknologi Modern, Ingin Jalan Cukup Gerakan Jari Tangan
Istimewa
Mahasiswa Udinus sedang memperagakan cara menggunakan kursi roda berteknologi modern hasil pengembangan program studi Teknik Biomedis Udinus. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kemajuan teknologi dewasa ini terus menyasar ke segala lini. Di antaranya adalah memberi kemudahan hidup untuk para penyandang disabilitas.

Hal ini dirasakan oleh mahasiswa dan pengajar di Progdi Teknik Biomedis Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Mereka mengembangkan alat kursi roda yang memiliki teknologi modern.

Kursi roda merupakan salah satu alat bantu yang digunakan oleh orang yang memiliki keterbatasan dalam berjalan yang dapat disebabkan karena penyakit, cedera maupun cacat.

Pada umumnya kursi roda digerakan dengan cara mengayuh menggunakan tangan oleh penyandang disabilitas, maupun didorong oleh orang lain.

Hal ini memicu mahasiswa program studi Teknik Biomedis Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) untuk mengembangkan kursi roda dengan teknologi modern.

Kepala Progdi Teknik Biomedis Udinus, Aripin, kepada Tribun Jateng menjelaskan, pengembangan kursi roda berteknologi modern mampu memberi solusi bagi penderita yang hanya mampu menggerakkan jari tangannya.

Ia berpandangan, dengan kursi roda ciptaannya ini pengguna yakni penyandang disabilitas dapat lebih mandiri, mudah dan aman dalam menjalankan kursi roda.

"Kami membuat kursi roda ini agar penyandang disabilitas bisa berinteraksi dan beraktivitas secara lebih baik," katanya, Kamis (14/3/2019).

Menurutnya selama ini kursi roda yang telah ada masih merepotkan pengguna. Keterbatasan gerak terjadi karena tanggan penyandang disabilitas menggerakkan roda kursi roda, sehingga kesusahan untuk melakukan aktivitas lain.

Halaman
123
Penulis: akbar hari mukti
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved