KPU Demak: Pendaftaran Pindah Pemilih Terakhir 17 Maret 2019

KPU Demak bekerjasama dengan PPS Jogoloyo dan PPK Wonosalam menggelar sosialisasi pindah memilih di Pondok Pesantren Jogoloy

KPU Demak: Pendaftaran Pindah Pemilih Terakhir 17 Maret 2019
TRIBUN JATENG/ALAQSHA GILANG IMANTARA
PPS Jogoloyo dan PPK Wonosalam menggelar sosialisasi pindah memilih di Pondok Pesantren Jogoloyo, Kecamatan Wonosalam, Jumat (15/3/2019) sore. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Alaqsha Gilang Imantara

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - KPU Demak bekerjasama dengan PPS Jogoloyo dan PPK Wonosalam menggelar sosialisasi pindah memilih di Pondok Pesantren Jogoloyo, Kecamatan Wonosalam, Jumat (15/3/2019) sore.

Dalam kesempatan tersebut, PPK Wonosalam Misbah didampingi dengan PPS Jogoloyo, Abu Said menjelaskan tentang mekanisme pindah memilih A5 dan syarat-syarat pindah pemilih kepada belasan santri - santi di Ponpes Jogoloyo.

Dikatakannya, KPU Demak merencanakan pengumuman DPTb tahap 2 tingkat PPS tanggal 17 Maret 2019 jam 16.00 WIB.

"Kami mengimbau bagi adik-adik santri atau perantauan yang ingin menggunakan hak pilih di Demak agar mengurus pindah pemilih atau form A5, terakhir pengurusan yaitu tanggal 17 Maret 2019,"urainya.

Santriwati asal Grobogan, Sulita Atmala (19), kelas 2 MTS mengaku senang mendapatkan sosialisasi pindah pemilih. Awalnya, saya tidak tahu cara mengurus form A5, sekarang dirinya menjadi tahu.

Santriwati asal Ngawi, Rofiqotul Aliyah, (18), mengaku baru tahu cara pengurusan form A5. Mungkin dirinya lebih memilih mencoblos di rumah karena sekalian pulang kampung.

Ika Suryaningsih (17), santriwati asal
Batang ini terbiasa mencoblos di kediamannya. Mungkin tahun ini nanti mencoba mencoblos disini.

Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Demak, Nur Hidayah menjelaskan, syarat - syarat untuk mengurus pindah pemilih yaitu membawa e KTP dan pemilih membawa bukti telah terdftar pada DPT.

"Salinan DPT ini sudah dtempel dbalai desa minimal bawa dokumentasi fotonya kalo pemilih masuk DPT yang bisa diperlihatkan lewat cek pemilih online https://lindungihakpilihmu.kpu.go.id ,"ucapnya kepada tribunjateng, Jumat (15/3/2019).

"Pemilih dari luar provinsi yang mencoblos di Demak nantinya hanya akan mendapat 1 surat suara yaitu presiden dan wakil presiden,"tuturnya.

Kemudian, pemilih dari luar dapil akan mendapatkan 4 surat suara, yaitu Presiden Wakil presiden, DPR RI, DPRD Provinsi, DPD.

Dijelaskannya, di Demak terdapat 5 dapil yaitu Dapil 1 : kecamatan Demak, Wonosalam, Dempet, Kebonagung, Dapil 2 : kecamatan Bonang, dan Wedung, Dapil 3 : kecamatan Karanganyar, gajah, Mijen , Dapil 4 : kecamatan Mranggen, dan Karangawen dan Dapil 5 : kecamatan Guntur Sayung dan karangtengah.

Selanjutnya, pemilih dari luar kota misalnya Surakarta tetapi masih dalam provinsi jika ingin mencoblos di Demak akan mendapatkan 2 suara yaitu DPD dan Presiden Wakil Presiden.

Tetapi jika misalnya warga Jepara ingin mencoblos yang mana Demak termasuk wilayah DPR RI Jateng 2 (Demak Kudus Jepara) dan DPRD Provinsi Jateng 3 (Kudus Demak Jepara), maka yang bersangkutan akan mendapatkan 4 surat suara yaitu Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPD.(agi)

Penulis: Alaqsha Gilang Imantara
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved