Ratusan Narapidana dan Petugas Rutan Kelas IIB Salatiga Donorkan Darahnya di Hari Pemasyarakatan

Dalam rangka menyambut Hari Pemasyarakatan ke 55 tahun ini Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Kota Salatiga menggelar kegiatan donor darah.

Ratusan Narapidana dan Petugas Rutan Kelas IIB Salatiga Donorkan Darahnya di Hari Pemasyarakatan
TRIBUNJATENG.COM/M NAFIUL HARIS
Kepala Rutan Kelas II B Kota Salatiga Hero Sulistyono saat mengikuti acara donor darah bersama ratusan penghuni rutan di Rutan Kelas II B Salatiga, Jumat (15/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Dalam rangka menyambut Hari Pemasyarakatan ke 55 tahun ini Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Kota Salatiga menggelar kegiatan donor darah bersama ratusan warga binaan.

Kepala Rutan Kelas IIB Kota Salatiga Hero Sulistyono mengatakan acara donor darah secara serentak dilakukan bersamaan dengan lapas dan Rutan se Jawa Tengah.

"Kali ini rutan Salatiga bekerjasama dengan PMI melaksanakan kegiatan sosial berupa donor darah diikuti seluruh pegawai rutan dan narapidana," terangnya kepada Tribunjateng.com, Jumat (15/3/2019).

Jika Tidak Dibalas Saat Ketuk Pintu Tanda Rumah Tak Berpenghuni, Cara Pelaku Bobol Rumah di Salatiga

Menurut Hero, acara sosial donor darah yang ada tidak lain menyambut peringatan Hari Pemasyarakatan ke-55 yang puncaknya akan dilaksanakan pada 27 April 2019 mendatang.

Ia menambahkan pada kesempatan tersebut sebanyak 141 narapidana dan sekira 54 petugas lapas turut serta mendonorkan darahnya.

"Berkenaan dengan kegiatan yang sosial yang positif semoga dapat terus dilaksanakan rutin minimal setahun sekali," katanya.

Dikatakan Hero, tahun lalu pihaknya juga melaksanakan kegiatan donor darah meski tidak mendekati peringatan hari pemasyarakatan melainkan sebagai bentuk tanggungjawab sosial membantu warga yang membutuhkan.

Hero menegaskan melalui kegiatan yang ada semoga tertanam rasa kepedulian sosial pada seluruh warga binaan kepada masyarakat luar meski sedang menjalani proses hukuman.

"Lewat acara-acara sosial seperti donor darah harapannya mereka setelah keluar penjara juga dapat cepat beradaptasi kembali peduli hal-hal yang sifatnya sosial," ujarnya. (ris)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: suharno
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved