Lantik 61 Kepala Desa, Bupati Pati Haryanto: Kades Bukan Hanya Pemimpin bagi Pemilihnya

"Setidaknya di atas Rp 1 miliar. Sebab, Dana Desa paling kecil saja Rp 850 juta. Belum lagi ditambah dana-dana lainnya," jelasnya

Lantik 61 Kepala Desa, Bupati Pati Haryanto: Kades Bukan Hanya Pemimpin bagi Pemilihnya
Tribunjateng.com/Mazka Hauzan Naufal
Bupati Pati Haryanto mengambil sumpah jabatan dan melantik 61 Kepala Desa yang terpilih dalam Pilkades Serentak 15 Desember 2018, Sabtu (16/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Bupati Pati Haryanto mengambil sumpah jabatan dan melantik 61 Kepala Desa yang terpilih dalam Pilkades Serentak 15 Desember 2018, Sabtu (16/3/2019).

Dalam sambutannya pada acara yang diselenggarakan di Pendopo Kabupaten Pati tersebut, Bupati Haryanto mengatakan, dari total 61 kades yang dilantik hari itu, 20 di antaranya adalah petahana yang terpilih kembali.

"Sebelum dilantik, seluruhnya sudah kami beri pelatihan pada 18 sampai 26 Februari 2019 lalu. Dengan menerapkan mekanisme pelatihan yang dianggarkan dari APBD tersebut, diharapkan para Kades terpilih yang berasal dari berbagai latar belakang profesi dapat memahami pemerintahan," ungkapnya.

Terlebih, lanjut Haryanto, para Kades akan mengelola dana dalam jumlah besar.

"Setidaknya di atas Rp 1 miliar. Sebab, Dana Desa paling kecil saja Rp 850 juta. Belum lagi ditambah dana-dana lainnya," jelasnya.

Haryanto juga mengingatkan pada para Kades, bahwa setelah dilantik, mereka punya kewajiban membuat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes).

"Sebab, selama kurun waktu enam tahun ke depan, program-program yang dilaksanakan bukan ngawur, melainkan berpedoman pada RPJMDes," jelasnya.

Haryanto juga berpesan, agar keadaan di desa masing-masing senantiasa kondusif, para Kades tidak boleh membeda-bedakan pelayanan bagi warganya.

"Sebab, Bapak-Ibu dilantik bukan hanya untuk menjadi Kades bagi para pemilihnya dalam Pilkades lalu, melainkan bagi warga satu desa penuh," tandasnya. (mzk)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved