Breaking News:

Antusiasme Warga Ikuti Kirab Budaya se Eks Kawedanan Selokaton Kendal, Heri: Bukti Cinta Kebhinekaan

Tunjukkan rasa persatuan tanpa memandang suku dan budaya, ratusan orang mengikuti kirab budaya yang pelopori JRHAN, Minggu (17/3/2019).

Penulis: Dhian Adi Putranto | Editor: deni setiawan
TRIBUN JATENG/DHIAN ADI PUTRANTO
Antusiasme warga mengikuti kirab budaya e eks Kawedanan Selokaton Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal, Minggu (17/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Tunjukkan rasa persatuan tanpa memandang suku dan budaya, ratusan orang mengikuti kirab budaya yang pelopori Jejaring Relawan Handal Anak Negeri (JRHAN) pada Minggu (17/3/2019) siang.

Kirab yang menampil aneka ragam budaya dan tradisi masyarakat se eks Kawedanan Selokaton itu melintasi sepanjang jalan Desa Sukorejo hingga Kebumen Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal.

Tampak para peserta mengenakan aneka ragam kostum pakaian khas dari antarsuku, budaya, dan agama yang berada di eks Kawedanan Selokaton.

Tak hanya itu, dari peserta kirab juga menampilkan kesenian barongan dan dawangan yang menjadi ciri khas kabupaten Kendal.

Bahkan barongsai yang juga merupakan kesenian khas Tiongkok juga ikut menyemarakan kirab tersebut sebagai bentuk kerukunan antarsuku.

Panitia kirab budaya, Eri Wijayanto mengatakan, ada sekitar 500 orang yang ikut dalam kirab budaya itu.

"Kami mengangkat tema Bhineka Tunggal Ika. Karena itu kami tampilkan semua keanekaragam suku, budaya, dan tradisi di Indonesia menjadi tampilan apik menghibur masyarakat," ujarnya.

Menurutnya, semua macam budaya dan tradisi di eks Kawedanan Selokaton ditampilkan dalam kirab tersebut.

"Tarian kuda lumping, barongan, dawangan, dan barongsai melebur jadi satu dalam kirab ini," ujarnya.

Sementara itu Ketua JRHAN, Heri Meidianto menuturkan, kirab ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa dalam berkampanye maupun berpolitik haruslah menciptakan kedamaian dan ketentraman.

"Masyarakat yang ingin mengikuti kirab ini sangat antusias, sedangkan kami hanya melopori kirab damai ini. Ini bukti bahwa masyarakat pun sepaham dengan kami untuk menciptakan kedamaian dalam berkampanye," pungkasnya. (Dhian Adi Putranto)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved