BI Dukung Pengembangan Wisata di Dieng Jawa Tengah

Bank Indonesia (BI) mendukung pengembangan pariwisata di Indonesia, termasuk Dieng, Jawa Tengah.

BI Dukung Pengembangan Wisata di Dieng Jawa Tengah
Tribun Jateng/ Desta Leila Kartika
Foto Deputi Gubernur Bank Indonesia, Sugeng, saat melakukan peresmian Komplek Pengolahan Sampah Desa Sembungan, Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah, pada Sabtu (16/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Desta Leila Kartika

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Bank Indonesia (BI) mendukung pengembangan pariwisata di Indonesia, termasuk Dieng, Jawa Tengah.

Salah satunya melalui penyediaan Komplek Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Sembungan, Jawa Tengah.

Komplek pengolahan sampah diresmikan oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Sugeng, pada Sabtu (16/3) di Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah.

Dalam sambutannya, Sugeng mengatakan, kebersihan merupakan syarat utama memajukan pariwisata suatu daerah.

Untuk itu, kerja sama dan partisipasi masyarakat merupakan syarat utama. Dengan saling mengingatkan, kebersihan dapat dijaga, sehingga meningkatkan kenyamanan bagi turis.

"Bagi saya Dieng memiliki potensi yang cukup besar, seperti dari sisi komoditas misalnya kopi merupakan salah satu yang dapat dikembangkan. Tak hanya mendukung pariwisata melalui pojok-pojok kopi yang menarik, tanaman kopi juga berpotensi mengurangi bahaya longsor di Dieng," ujar Sugeng, pada Tribunjateng.com, Sabtu (16/3/2019).

Sugeng menyebut, pengembangan pariwisata menjadi perhatian khusus Bank Indonesia, mengingat potensi masuknya devisa dari wisatawan asing yang datang ke obyek wisata.

Untuk itu, BI akan senantiasa bekerja bersama Pemerintah, masyarakat, dan lembaga lainnya di daerah, untuk mengembangkan pariwisata dan ekonomi lokal.

"Untuk semakin meningkatkan pariwisata di Dieng, kami akan terus melaksanakan program di area wisata lokal. Antara lain peralatan mesin industri rumah tangga, green house, dan fasilitas homestay. Hal tersebut diharapkan dapat memancing lebih banyak wisatawan mancanegara ke Dieng," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved