Pesta Siaga Pramuka Kwartir Salatiga 2019 Diikuti Ratusan Pelajar

Mereka tidak lain ialah pelajar dari SD dan MI dari seluruh sekolah yang ada di Kota Salatiga yang turut menjadi peserta Pesta Siaga Kwartir Pramuka C

Pesta Siaga Pramuka Kwartir Salatiga 2019 Diikuti Ratusan Pelajar
Istimewa
Sejumlah peserta mengikuti rangkaian kegiatan perlombaan kelompok dalam Pesta Siaga Kwartir Pramuka Salatiga 2019 di Halaman Pemkot Salatiga, Minggu (18/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nafiul Haris

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Suasana berbeda terlihat di halaman kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga pada Minggu (17/3/2019).

Pada Minggu sebelumnya ketika pegawai pemerintahan setempat sedang libur tidak ada aktivitas apapun. Pagi itu, sepi berganti dengan keramaian lain nampak aktivitas anak-anak mengenakan baju pramuka berlalu-lalang.

Mereka tidak lain ialah pelajar dari SD dan MI dari seluruh sekolah yang ada di Kota Salatiga yang turut menjadi peserta Pesta Siaga Kwartir Pramuka Cabang Kota Salatiga Tahun 2019.

Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris yang juga menjabat sebagai Ketua Kwartir Cabang Pramuka, mengatakan ada sebanyak 320 pelajar SD/MI menjadi peserta dalam memeriahkan pesta siaga kwartir cabang Kota Salatiga tahun ini.

"Saya berharap kegiatan tersebut dipergunakan sebagai sarana mengasah kemampuan, keterampilan dan kerjasama dalam kepramukaan," terangnya kepada Tribunjateng.com, dalam rilis Senin (18/3/2019)

Menurut Muh Haris, dalam kegiatan pesta siaga dimana turut didalamnya diadakan sejumlah perlombaan yang terpenting bukanlah menang atau kalah melainkan mendapat pengalaman.

Ia menambahkan, pelajaran serta nilai-nilai kebersamaan dan persatuanlah yang harus diautamakan diantara sesama peserta kepramukaan serta tidak lupa tetap bergembira.

"Kegiatan pesta siaga semoga dapat mengajak anak-anak untuk bergembira, bermain dan unjuk keterampilan yang mengandung pendidikan dalam rangka pembentukan karakter," katanya

Dikatakannya, meskipun dilombakan, unjuk keterampilan dan kemampuan dalam pesta siaga tetap harus dalam suasana ceria dan penuh rasa kebersamaan.

Ketua Panitia Pesta Siaga Kwartir Cabang Kota Salatiga Tahun 2019, Sri Windu Untari menambahkan sesuai perkembangan kejiwaan anak-anak siaga 7-10 tahun dalam kegiatan tersebut unsur keceriaan dan kegembiraan anaklah yang diutamakan.

Sri Windu Untari menyebutkan peserta berasal dari 4 Kwartir Ranting/Kwaran (kecamatan), dan masing-masing Kwaran terdiri dari 4 barung putra dan 4 barung putri, di mana setiap barung terdiri dari 10 siswa.

“Keseluruhan 32 barung tersebut memperebutkan barung tergiat 1 sampai 3, untuk selanjutnya maju ke tingkat Binwil Semarang yang kebetulan akan dilaksanakan di Kota Salatiga tanggal 31 Maret 2019,” jelasnya.

Pihaknya menguraikan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk mempererat persaudaraan, melatih disiplin serta saling toleransi. Adapun yang dilombakan dalam kegiatan tersebut tidak lain hanya sebagai bentuk pelatihan pendidikan karakter peserta.

"Ada lomba taman ketakwaan, patriotisme dan baris berbaris, punggung kemanusiaan, Jawa Tengah Hebat dan juga pentas budaya,” pungkasnya. (ris)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved