Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Kendal Gelar Tasyukuran Rayakan Hari Pers

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah Amir Machmud meminta para wartawan untuk netral dan independen dalam menyajikan pemberitaan.

Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Kendal Gelar Tasyukuran Rayakan Hari Pers
TRIBUNJATENG/MAMDUKH ADI PRIYANTO
Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tegal menggelar aksi bertepatan dengan Hari Pers Nasional (HPN), Jumat (9/2/2018). Mereka mendesak polisi usut tuntas kasus wartawan gadungan memeras PNS 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah Amir Machmud meminta para wartawan untuk netral dan independen dalam menyajikan pemberitaan.

Terlebih memasuki tahun politik seperti tahun 2019 ini, menurutnya wartawan harus berani mengambil sikap untuk memilah-milah informasi yang dapat memecah belah persatuan bangsa pada saat menyajikan sebuah berita.

"Wartawan harus dapat menciptakan media yang bening, artinya bisa memilih pemberitaan yang tidak menimbulkan kegaduhan demi terciptanya pemilu yang damai," ujarnya dalam Tasyakuran Hari Pers Nasional yang diadakan PWI Kendal, Selasa (19/3/2019).

Hari Pers Nasional, Forum Komunikasi Wartawan Kabupaten Semarang Gelar Lomba Fotografi

Ia pun menyadari selama ini pemberitaan yang dibuat oleh wartawan masih belum dapat memenuhi porsi-porsi dari para kontenstan pemilu yang saat ini tengah berkompetensi dalam pesta demokrasi ini.

"Kami pun selalu mengampanyekan media yang bening dalam setiap kesempatan kepada para wartawan sehingga wartawan dituntut untuk netralitas dan independen dalam menyajikan berita," tuturnya.

Amir pun menambahkan bahwa wartawan juga harus menjadi pelopor pemberantasan berita hoax bukan malah ikut bagian dari penyebaran berita hoax yang dapat menggerogoti persatuan dan keberagaman Indonesia.

Sementara itu, Ketua PWI Kendal Agus Umar mengatakan acara Tasyakuran Hari Pers Nasional ini merupakan kegiatan puncak dari peringatakan Hari Pers Nasional tahun 2019.

Menurutnya rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam rangka Hari Pers Nasional yang diadakan oleh pihaknya juga bertujuan untuk memerangi pemberitaan palsu yang dapat memecah belah bangsa.

"Kami juga bekerja sama dengan beberapa pihak dalam rangkaian kegiatan HPN, seperti Safety riding hingga pelatihan jurnalistik bagi generasi muda," pungkasnya. (dap)

Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved