Breaking News:

Pilpres 2019

Survei Terbaru LSI Denny JA, Mayoritas Pemilih Kalangan 'Wong Cilik' Dukung Jokowi-Maruf Amin

Survei yang dilakukan LSI Denny JA menunjukkan, mayoritas responden "wong cilik" mendukung Joko Widodo-Maruf Amin.

Editor: m nur huda
ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Maruf Amin mengikuti debat pertama Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). Debat tersebut mengangkat tema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Survei yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan, mayoritas responden "wong cilik" mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Hasil survei ini dirilis pada hari ini, Selasa (19/3/2019), di Kantor LSI, Jakarta.

"Jokowi-Ma'ruf unggul telak di kantong suara wong cilik," ujar peneliti LSI Ikrama Masloman.

LSI mengkategorikan wong cilik adalah warga negara Indonesia (WNI) dengan tingkat pendapatan per bulan di bawah Rp 2 juta.

Survei LSI dilakukan pada 18-25 Februari 2019, dengan proses wawancara tatap muka kepada 1.200 responden.

Peneliti LSI menanyakan pasangan calon mana yang akan dipilih oleh 49,8 persen responden yang tergolong sebagai wong cilik.

Dalam proses pengambilan data, selain wawancara, peneliti menggunakan simulasi surat suara.

Hasilnya, 63,7 persen responden menyatakan mendukung Jokowi-Ma'ruf. Sementara, 27,4 persen responden wong cilik mendukung pasangan nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Kemudian, ada 0,3 persen suara tidak sah dan 8,6 persen yang menyatakan rahasia atau tidak ingin menjawab.

Menurut Ikram, hasil tracking survei pada Agustus 2018 hingga Februari 2019, Jokowi-Ma'ruf selalu unggul di segmen pemilih wong cilik.

Menurut dia, keunggulan itu stabil rata-rata di atas 25 persen. Penelitian ini menggunakan metode multistage random sampling, dengan melibatkan 1.200 responden.

Proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka dan menggunakan kuesioner. Adapun, margin of error dalam penelitian ini lebih kurang 2,9 persen.

Peneliti menggunakan dana corporate social responsibility (CSR) internal dalam penelitian. Adapun, sumber dana tersebut berasal dari keuntungan jasa konsultan yang dilakukan di bidang politik.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Survei LSI Denny JA: Mayoritas Responden "Wong Cilik" Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin"

Survei Terbaru SMRC Maret : Jokowi-Maruf Amin 57,6 Persen, Prabowo-Sandiaga 31,8 Persen

FOKUS : Delete Lembaga Survei yang Nilainya Jeblok

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved