Bawaslu Kabupaten Semarang Gelar Deklarasi Desa Anti Politik Uang, Serentak di 19 Kecamatan

Mewujudkan pemilu berkualitas dengan mengeliminasi hal yang merusak demokrasi, Bawaslu Kabupaten Semarang menggelar Deklarasi Desa Anti Politik Uang.

Bawaslu Kabupaten Semarang Gelar Deklarasi Desa Anti Politik Uang, Serentak di 19 Kecamatan
TRIBUN JATENG/M NAFIUL HARIS
Penandatanganan deklarasi desa anti politik uang yang digelar Bawaslu Kabupaten Semarang di Gedung Pertemuan Desa Lerep, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Rabu (20/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Mewujudkan pemilu berkualitas dengan mengeliminasi hal-hal yang merusak demokrasi, Bawaslu Kabupaten Semarang menggelar Deklarasi Desa Anti Politik Uang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang Mohammad Talkhis mengatakan, deklarasi tersebut melibatkan seluruh tokoh masyarakat dan dilakukan secara serentak di 19 desa atau kelurahan di Kabupaten Semarang.

"Kami mulai pukul 13.00 serentak satu kecamatan diambil satu desa sebagai lokasi deklarasi. Setelah itu dilanjutkan penandatangan sebagai wujud komitmen bersama menolak politik uang," terangnya kepada Tribunjateng.com, di Gedung Pertemuan Desa Lerep, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Rabu (20/3/2019).

Menurut Talkhis, gerakan tersebut ialah bentuk upaya pencegahan adanya praktik politik uang dan mendorong terwujudnya pemilu berkualitas dan pemilih berintegritas.

Dikatakannya, deklarasi secara serentak itu diharapkan pemilih saat pencoblosan dapat memilih para calon yang benar-benar mewakili rakyat dan berkomitmen memajukan Indonesia.

Turut serta dalam deklarasi Ketua Bawaslu Jateng Fajar Saka menyampaikan, peran serta masyarakat dalam penolakan praktik politik uang sesuai mandat Undang-Undang Pemilu.

"Bagaimana mendorong masyarakat terlibat gerakan ini yakni melalui deklarasi bersama warga. Kalau di Jawa Tengah sudah ada 18 daerah yang membentuk anti politik uang," katanya. (M Nafiul Haris)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved