Fokus Fakultas Teknik Udinus Penuhi Kebutuhan Industri Otomotif Jepang

Fakultas itu memberikan rekomendasi 10 lulusan terbaiknya mengikuti proses rekruitmen di PT Unicraft Nagura Indonesia, Kamis (21/3/2019)

Fokus Fakultas Teknik Udinus Penuhi Kebutuhan Industri Otomotif Jepang
Tribunjateng.com/Akbar Hari Mukti
Lulusan FT Udinus sedang mendapatkan pengarahan terkait PT Unicraft Nagura Indonesia, Kamis (21/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Parameter perguruan tinggi dianggap berhasil, salah satunya adalah saat lulusannya langsung bekerja setelah selesai kuliah, sesuai kompetensi yang mereka miliki. Berkaca dari hal tersebut, Fakultas Teknik Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) membuka peluang lulusannya bekerja di industri, yakni industri otomotif Jepang.

Fakultas itu memberikan rekomendasi 10 lulusan terbaiknya mengikuti proses rekruitmen di PT Unicraft Nagura Indonesia, Kamis (21/3/2019).

Mereka mengikuti proses rekruitmen untuk menempati beberapa posisi strategis di perusahaan penanaman modal asing (PMA) dari Jepang yang berlokasi di Cikarang Bekasi itu.

Produk-produk yang dihasilkan perusahaan tersebut di antaranya suku cadang mobil manual. Misalnya kopling, power stering, dan sistem rem dan lain-lain.

Proses rektuitmen dilakukan sejak Senin (18/3/2019).

Dian Retno Sawitri, Dekan FT Udinus menjelaskan proses rekruitmen yang dilakukan membuktikan pihaknya mencoba menyelaraskan mata kuliah yang dipelajari dengan kebutuhan dunia industri yang ada.

10 mahasiswa FT Udinus, ujarnya, berasal dari program studi Teknik Industri dan Teknik Elektro yang telah diseleksi administrasi oleh fakultas.

Dalam proses rekrutmen ini mereka mengikuti sejumlah tes.

"Di antaranya tes matematika, psikotes, dan tes membaca alat ukur," ujarnya.

Dian menuturkan sebelum proses rekrutmen dimulai, keduanya telah menandatangi nota kesepahaman. Hal tersebut menjadi payung kerjasama pengembangan kerjasama lain.

Di antaranya menjadikan perusahaan sebagai tempat magang bagi mahasiswa FT Udinus.

"Kami ingin kerjasama dapat berkembang, tidak hanya untuk FT Udinus, tapu juga untuk fakultas-fakultas lain di Udinus," terangnya.

Representative Presiden Director PT Unicraft Nagura Indonesia, Morushita Hideyuki menjelaskan perusahaannya memilih Udinus karena cukup banyak alumni Udinus dari berbagai bidang ilmu yang telah bekerja di sana.

"Kami berharap lulusan Udinus selanjutnya dapat bergabung bersama kami," katanya.

"Sehingga dapat mendapat efek positif dari kerjasama ini," tambahnya. (Ahm)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved