Pangdam Lakukan Ini Guna Minimalisir Risiko Tugas Akibat 'Miss Communications' Saat Pemilu 2019

Tugas perbantuan tersebut merupakan integrasi dan sinkronisasi, keterpaduan sistem komando kendali merupakan bagian dari kunci sukses pelaksanaannya.

Pangdam Lakukan Ini Guna Minimalisir Risiko Tugas Akibat 'Miss Communications' Saat Pemilu 2019
ISTIMEWA
Latihan Tactical Floor Game (TFG) yang digelar Kodam IV Diponegoro di Surakarta, Rabu (20/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemilu akan digelar pada 17 April 2019 mendatang.

Dalam penyelenggaraannya, kesiapan aparat keamanan merupakan faktor utama sehingga diperlukan pelibatan seluruh komponen, termasuk TNI dalam tugas perbantuan Polri untuk mengamankan jalannya pesta demokrasi di tahun ini.

Hal itu diungkapkan Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Mochamad Effendi dalam Tactical Floor Game (TFG), Kamis (21/3/2019).

Dalam TFG ini, hadir pula para Dandim, Kapolres, Danramil dan para Kapolsek.

Mayjen TNI Effendi mengatakan, tugas perbantuan tersebut merupakan integrasi dan sinkronisasi, keterpaduan sistem komando kendali merupakan bagian dari kunci sukses pelaksanaannya.

"Melalui latihan TFG ini diharapkan seluruh aturan pelibatan, sistem kendali, dan interoperability TNI-Polri dapat dilatihkan dan diuji tahapannya untuk menghadapi berbagai kemungkinan situasi maupun kontinjensi," ujar Pangdam.

Menurut Mayjen TNI Efendi, satu hal yang juga tidak kalah penting dalam latihan ini adalah terciptanya kesamaan visi-misi serta semakin meningkatnya soliditas dan sinergitas para unsur pimpinan TNI-Polri.

Soliditas ini bertujuan untuk memudahkan koordinasi maupun sinkronisasi dalam setiap pelaksanaan tugas.

Dengan latiahan TFG ini, Pangdam berharap kesiapan dan kesiagaan TNI-Polri menghadapi Pemilu 2019 akan semakin baik, serta dapat diminimalisir kemungkinan risiko pelaksanaan tugas akibat miss comunication atau perbedaan pandangan antar aparat yang dapat mempengaruhi bahkan menggagalkan pelaksanaan tugas.

Latihan TFG ini juga dihadiri Wakapolda Jateng Brigjen Pol Ahmad Luthfi, Irdam, para Asisten, Kapok Sahli, dan Kabalak Kodam IV Diponegoro, dan para unsur pejabat Polda Jawa Tengah. (M Radlis)

Penulis: muh radlis
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved