Sungai Bringin Rawan Meluap, DPU Kota Semarang Desak Kementerian PUPR Lakukan Normalisasi

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang Iswar Aminuddin mendesak Kementerian PUPR segera normalisasi Sungai Bringin, Kota Semarang.

Sungai Bringin Rawan Meluap, DPU Kota Semarang Desak Kementerian PUPR Lakukan Normalisasi
Istimewa
Perbaikan tanggul Sungai Bringin yang jebol di Mangkang Wetan, Tugu, Semarang, hari ini, Rabu (20/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang Iswar Aminuddin mendesak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk segera melaksanakan normalisasi Sungai Bringin, Kota Semarang.

Pasalnya, tanggul Sungai Bringin yang berada di RW 5 dan 3, Mangkang Wetan, Tugu, Kota Semarang, kembali jebol dan air sungainya meluap ke area persawahan, Selasa (19/3/2019) sore usai hujan deras.

“Seharusnya Pemerintah Pusat segera melakukan normalisasi mulai dari hulu, daerah Mijen (wilayah atas),” tegas Iswar kepada Tribunjateng.com, hari ini, Rabu (20/3/2019).

“Pembebasan lahan juga sudah selesai,” imbuhnya.

Menteri PUPR Targetkan Pembangunan Tanggul Raksasa Penahan Rob Pekalongan Selesai Tahun Ini

Untuk penanganan sementara, DPU beserta Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Bodri Kuto dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana melakukan perbaikan dengan pemasangan bambu dan tanah ditambah sak pasir dan perapian.

“Kami langsung action, Mangkang Wetan pagi ini kami kirim tenaga, bambu dan karung,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang Agus Harmunanto mengungkapkan, tiga titik tanggul, satu di RW 5 dan dua di RW 3, Jembatan Kalisasak, jebol dan aliran sungai masuk ke area persawahan.

“Akibat hujan deras, airnya merusak persawahan. Namun tidak ada korban dalam kejadian ini,” ungkapnya.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (Hendi) sendiri juga sempat menyampaikan bahwa pihaknya sudah menghubungi Kementerian PUPR perihal normalisasi sungai Bringin yang ada di Kecamatan Tugu.

Dirinya berharap ada normalisasi sesegera pada sungai yang tiap tahun selalu meluap karena meresahkan warga, akibat tak mampu menampung debit air kiriman dari kawasan hulu saat musim penghujan tiba.

Perlu diketahui, Mona adalah satu warga RT 3 RW 3, Mangkang Wetan, Kecamatan Tugu Kota Semarang yang terdampak banjir akibat hujan deras pada 2018 lalu.

Tempat tinggal Mona roboh seluruhnya diakibatkan oleh derasnya aliran sungai Bringin yang menggenangi pemukiman. (tribunjateng/rez)

Penulis: Reza Gustav Pradana
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved