Citilink Pasang Wi-Fi Gratis di Delapan Pesawat

Maskapai berbiaya murah atau low cost carrier (LCC), PT Citilink Indonesia, menargetkan kenaikan volume penumpang sebesar 20 persen

Citilink Pasang Wi-Fi Gratis di Delapan Pesawat
CITILINK/AIRBUS
Pesawat A320neo yang dioperasikan Citilink 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Maskapai berbiaya murah atau low cost carrier (LCC), PT Citilink Indonesia, menargetkan kenaikan volume penumpang sebesar 20 persen pada tahun ini.

Direktur Utama Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo menyebutkan, sepanjang tahun lalu, pihaknya telah mengangkut 15 juta penumpang.

"Tahun ini targetnya 18 juta penumpang dengan total pesawat yang sama," kata Juliandra, Kamis (21/3).
Pada tahun lalu, Citilink telah berhasil meningkatkan jumlah penumpang hingga 21 persen year-on-year (yoy).

Adapun pada 2017, penumpang yang menggunakan penerbangan Citilink tercatat 12,46 juta penumpang.
Juliandra optimistis, layanan baru Citilink dapat mendongkrak jumlah penumpang pada tahun ini.

Salah satunya lewat inovasi layanan inflight wi-fi atau internet wi-fi. Targetnya, 50 pesawat Citilink akan dilengkapi inflight wi-fi yang bakal direalisasikan secara bertahap hingga akhir 2020 nanti.

Untuk tahun ini, anak usaha PT Garuda Indonesia Tbk itu hanya melengkapi delapan pesawat dengan fasilitas jaringan internet gratis. Sebelumnya, manajemen Citilink menargetkan 19 pesawat sudah dilengkapi jaringan wi-fi hingga pengujung tahun nanti.

Juliandra bilang, penundaan dari 19 unit yang akan dilengkapi wi-fi menjadi delapan unit lantaran ada penyesuaian jadwal maintenance.

“Pada Februari 2019, kami tidak pasang dulu wi-fi karena ingin menyempurnakan yang sudah terpasang," sebut dia.

Saat ini, baru satu unit pesawat Airbus 320 yang dilengkapi dengan wi-fi gratis. Satu pesawat itu beroperasi ke rute-rute padat, yakni Jakarta tujuan Denpasar, Batam dan Balikpapan. Bulan depan, Citilink akan memasang fitur wi-fi pada satu pesawat Airbus 320.

Untuk pemasangan akses internet gratis ini, Citilink bekerjasama dengan PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tbk (GMF Aero Asia) dan PT Mahata Aero Teknologi. Adapun Mahata Aero merupakan perusahaan yang melakukan investasi pada penyediaan infrastruktur layanan wi-fi gratis tersebut.

Juliandra menambahkan, Citilink merupakan maskapai LCC pertama di Indonesia yang memberikan layanan wi-fi gratis. Adapun nilai investasi Mahata Aero untuk pengadaan wi-fi di 50 pesawat Airbus 320 yang dioperasikan Citilink mencapai 40 juta dolar Amerika Serikat.

Fitur wi-fi di pesawat baru akan menyala ketika pesawat mencapai ketinggian 35.000 kaki. Namun pada saat terjadi turbulensi, maka akses wi-fi otomatis mati. (Kontan/Harry Muthahhari)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved