3.149 Pengawas TPS Kabupaten Karanganyar Dilantik, Ketua Bawaslu: Mereka Bertugas Selama Sebulan

Bawaslu Kabupaten Karanganyar melantik 3.149 pengawas TPS se-Kabupaten Karanganyar secara serentak, Senin (25/3/2019).

3.149 Pengawas TPS Kabupaten Karanganyar Dilantik, Ketua Bawaslu: Mereka Bertugas Selama Sebulan
TRIBUN JATENG/AGUS ISWADI
Bawaslu Kabupaten Karanganyar melantik 226 pengawas TPS Kecamatan Jaten di Hotel Taman Sari Karanganyar, Senin (25/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Menjelang gelaran pesta demokrasi, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Karanganyar melantik 3.149 pengawas TPS se-Kabupaten Karanganyar secara serentak, Senin (25/3/2019).

Jumlah pengawas TPS itu sesuai jumlah TPS di 17 kecamatan.

Satu dari belasan kecamatan yang melantik pengawas TPS yakni Kecamatan Jaten.

Adapun pengawas TPS Kecamatan Jaten yang dilantik ada 226 orang.

Pelantikan, pembekalan, sekaligus pengambilan sumpah janji itu dilangsungkan di Hotel Taman Sari Karanganyar.

Ketua Bawaslu Karanganyar, Nuning Ritwanita Priliastuti mengungkapkan, seusai para pengawas TPS dilantik secara serentak, akan dilanjutkan pembekalan, rakor, dan bimbingan teknis (bimtek).

"Pengawas TPS nantinya akan bertugas selama sebulan. Tentunya tidak saat hari H (pelaksanaan pemilu). Sebelum hari H, pengawas TPS bisa berkoordinasi dengan anggota KPPS terkait pembuatan TPS di wilayah tugas masing-masing," katanya kepada Tribunjateng, Senin (25/3/2019) siang.

"Sebagai contoh ketika ada ruangan TPS kurang luas atau lampu penerangan kurang jelas. Pengawas TPS bisa memberikan saran," lanjut Nuning.

Selanjutnya, saat ditanya terkait akses disabilitas dia mengungkapkan akan melihat sesuai DPT (pemilih disabilitas) yang ada.

"Karena di masing-masing DPT tidak semuanya ada pemilih disabilitas. Kami berkoordinsai dengan KPU Karanganyar, terkait kebutuhan akses di masing-masing TPS yang ada pemilih disabilitas. Semisal dibutuhkannya akses kursi roda di TPS," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Agus Iswadi
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved