SAKO PPN, Pramuka Berbasis Masjid Resmi Dikukuhkan Sekda Provinsi Jateng

Menindak lanjuti Workshop Pramuka Satuan Komunitas Pramuka Sekawan Persada Nusantara pada tanggal 29 – 30 Desember 2018

SAKO PPN, Pramuka Berbasis Masjid Resmi Dikukuhkan Sekda Provinsi Jateng
Istimewa
Pengukuhan Satuan Komunitas Pramuka (SAKO) Sekawan Persada Nusantra dilakukan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Dr Ir Sri Puryono KS MP di Gedung Barokah Komplek Al-Wali Jalan Ketileng Raya Semarang, Minggu (24/3). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Menindak lanjuti Workshop Pramuka Satuan Komunitas Pramuka Sekawan Persada Nusantara pada tanggal 29 – 30 Desember 2018 di Semarang lalu, dibentuklah susunan kepengurusan Satuan Komunitas Pramuka ( SAKO ) Sekawan Persada Nusantara tingkat Jawa Tengah. 

Satuan Komunitas Pramuka yang selanjutnya disingkat Sako adalah satuan organisasi penyelenggara pendidikan kepramukaan, yang berbasis antara lain profesi, aspirasi dan agama.

Sako merupakan organisasi pendukung Gerakan Pramuka, juga merupakan himpunan dari gugus depan berbasis komunitas dan berbasis satuan pendidikan yang mempunyai kesamaan profesi, aspirasi, dan agama.

Oleh karena itu Sako Pramuka Sekawan Persada Nusantara (Sako SPN) menegaskan diri sebagai Pramuka berbasis masjid, yang fokus membentuk generasi muda sebagai pribadi yang memiliki kepahaman agama yang kuat, berakhlak mulia, dan mandiri. 

Sesuai dengan Tujuan Sako Pramuka yang oleh Kwratir Nasional disebut untuk memberikan wadah bagi gugus depan berbasis komunitas maupun berbasis satuan pendidikan yang mempunyai kesamaan profesi, aspirasi dan agama.

Sako terbuka bagi setiap gugus depan yang memiliki kesamaan profesi, aspirasi dan agama.

Sako Pramuka SPN akan berfungsi mengkoordinasikan dan mewadahi kegiatan gugusdepan berbasis komunitas yang mempunyai kesamaan aspirasi dan agama.

Seperti yang diungkapkan oleh Ketua DPW LDII Jawa tengah, Prof Singgih Tri Sulistyono yang dilantik menjadi Majelis Pembimbing dalam Sako Daerah SPN tingkat Jawa Tengah, mengatakan bahwa pihaknya menilai gerakan pramuka sangat penting dan strategis untuk dijadikan wadah pembinaan generasi muda yang berakhlak, mandiri, berilmu dan berkomitmen. Untuk itu, Sako Daerah SPN ingin membentuk gerakan pramuka ini. 

Gerakan pramuka, lanjut Singgih, merupakan gerakan khas Indonesia dan memiliki nilai sejarah tinggi.

Gerakan itu lahir di Indonesia dari rasa nasionalisme para pahlawan terdahulu untuk menanamkan sikap patriotisme kepada generasi muda. Gerakan pramuka perlu dibangkitkan lagi melawan gerakan radikalisme, transnasionalisme dan upaya-upaya memecah belah bangsa.

Halaman
12
Penulis: hermawan Endra
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved