TPA Kalipancur Desa Bedagas Sudah Kembali Beroperasi, Ini Hasil Kesepakatan Seusai Diprotes Warga

TPA Kalipancur Desa Bedagas Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga kembali beroperasi sejak Minggu (24/3/2019).

TPA Kalipancur Desa Bedagas Sudah Kembali Beroperasi, Ini Hasil Kesepakatan Seusai Diprotes Warga
ISTIMEWA
Musyawarah antara Pemkab Purbalingga dan masyarakat Desa Bedagas terkait penyelesaian masalah TPA Kalipancur di Aula Kantor Kecamatan Pengadegan kemarin, Minggu (24/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Kalipancur Desa Bedagas Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga kembali beroperasi.

TPA itu mulai menerima pengiriman sampah sejak kemarin, Minggu (24/3/2019).

Pembukaan TPA Bedagas ini setelah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga bersama komponen masyarakat desa setempat mencapai kesepakatan terkait pengoperasian kembali TPA Kalipancur di Aula Kantor Kecamatan Pengadegan.

Dalam musyawarah yang juga dihadiri Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi itu, Pemkab Purbalingga menyepakati akan menyelesaikan masalah penumpukan sampah di TPA selama seminggu ini.

Itu menyusul keresahan masyarakat yang merasakan adanya gangguan polusi udara akibat tumpukan sampah di TPA.

Gangguan ini berasal dari sampah yang menggunung serta kurang maksimalnya proses sanitary landfill, juga keterbatasan kemampuan mesin pemilah.

Pihak kecamatan dan unsur pemerintahan di tingkat desa pun berkomitmen untuk mengamankan kebijakan terkait pengiriman dan pengelolaan sampah ke TPA Kalipancur itu.

“Kami berkomitmen menyelesaikan tumpukan sampah di TPA. Namun kami juga ingin sampah bisa kembali diproses ke TPA. Sehingga Purbalingga tidak lagi darurat sampah,” kata Plt Bupati Purbalingga

Pemkab Purbalingga pun akan merealisasikan komitmennya terhadap Desa Bedagas yang menjadi lokasi TPA secara bertahap menyesuaikan kemampuan keuangan daerah.

Beberapa yang sudah direalisasi adalah penyediaan LPJU, rekrutmen 31 Tenaga Harian Lepas (THL) di TPA, serta Bantuan Keuangan Khusus (BKK) yang mulai dicairkan tahun ini.

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved