Warga Brebes Tak Perlu Lagi Urus Paspor ke Pemalang, Cukup ke Unit Kerja Imigrasi Brebes

Pasalnya, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Pemalang telah membuka kantor unit kerja di Brebes

Warga Brebes Tak Perlu Lagi Urus Paspor ke Pemalang, Cukup ke Unit Kerja Imigrasi Brebes
Tribun Jateng/M Zaenal Arifin
Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Ronny F Shompie, meresmikan unit kerja kantor Imigrasi di Jalan Jenderal Sudirman, Kabupaten Brebes, Rabu (27/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Warga Kabupaten Brebes kini tak perlu lagi mengurus paspor maupun dokumen keimigrasian lainnya dengan datang ke Kabupaten Pemalang. Pasalnya, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Pemalang telah membuka kantor unit kerja di Brebes.

Kantor Unit Kerja Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Pemalang di Kabupaten Brebes di Jalan Jend Sudirman, telah diresmikan Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Ronny F Shompie, Rabu (27/3/2019).

Ronny mengatakan, unit kerja kantor Imigrasi di Brebes ini merupakan unit kerja kesembilan di Indonesia.

Selain itu, kantor Imigrasi sendiri baru terbentuk 125 kantor se Indonesia. Padahal total Kabupaten dan Kota di Indonesia mencapai 514.

"Adanya unit kerja tersebut diharapkan dapat mendekatkan pelayanan keimigrasian ke masyarakat. Karena saat ini satu kantor Imigrasi masih memberikan pelayanan ke beberapa kabupaten dan kota," katanya.

Kabupaten Brebes sendiri, katanya, menjadi bagian wilayah pelayanan Kantor Imigrasi Kelas II non TPI Pemalang. Yang mana jangkauannya sangat jauh yaitu harus melewati Kota Tegal terlebih dahulu.

Pelayanan sebenarnya juga bisa didapat di daerah lain yaitu di Cirebon, hanya saja Kantor Imigrasi Cirebon jaraknya juga cukup jauh dan masuk wilayah Jawa Barat.

"Karena itu kita menyambut baik keinginan Pemkab Brebes berkolaborasi dengan pusat menghadirkan unit kerja imigrasi di Brebes. Sambil kita meletakkkan dasar, unit kerja ini berubah menjadi kantor imigrasi manakala mendapat izin," ucapnya.

Ronny menerangkan, nantinya warga Brebes dalam hal pembuatan paspor cukup datang ke kantor unit kerja tersebut. Hal itu karena, nantinya semua pelayanan mulai penerimaan surat dokumen permohonan paspor hingga pencetakannya dilakukan di unit kerja itu.

"Namun verifikasi dan ajudikasinya tetap dilakukan di tingkat pusat. Nantinya kantor Imigrasi Pemalang hanya memanajemen saja," paparnya.

Adanya unit kerja Imigrasi ini juga karena banyaknya warga Brebes yang menjadi tenaga kerja ke luar negeri maupun berangkat haji dan umroh. Dengan demikian, warga tidak lagi harus pergi ke Pemalang dalam mengurus paspornya.

Sementara itu, Bupati Brebes, Idza Priyanti mengatakan, hadirnya unit kerja kantor Imigrasi di Brebes atas inisiasi Pemkab untuk menghadirkan pelayanan terkait keimigrasian yang lebih baik. Hal itu karena kebutuhan paspor bagi warga Brebes cukup tinggi.

Idza mencontohkan, di Kecamatan Songgom terdapat lebih dari 1.000 warga yang bekerja ke luar negeri menjadi TKI. Melihat jumlah tersebut, hal itu mengharuskan ada pelayanan yang dekat dengan warga sehingga tidak perlu lagi repot dalam mengurus dokumen paspor.

"Belum lagi jamaah umrah dan haji yang tiap tahunnya juga lebih dari 1.000 warga. Maka dari itu, kami berharap unit kerja imigrasi ini bisa segera melayani warga," katanya. (Nal)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved