Perlu Diketahui! Tarif PBB-P2 Kabupaten Kendal NJOP Lebih Dari Rp 1 Miliar Naik Menjadi 0,15 Persen

Pemkab Kendal menaikkan tarif Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) bagi objek pajak untuk NJOP di atas Rp 1 miliar.

Perlu Diketahui! Tarif PBB-P2 Kabupaten Kendal NJOP Lebih Dari Rp 1 Miliar Naik Menjadi 0,15 Persen
TRIBUN JATENG/DHIAN ADI PUTRANTO
Pemkab Kendal memberikan penghargaan terhadap desa yang tepat waktu membayar pajak tepat waktu dan notaris yang berkontribusi dalam pendapatan BPHTB, Kamis (28/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Pemkab Kendal menaikkan tarif Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) bagi objek pajak untuk nilai jual objek pajak (NJOP) di atas Rp 1 miliar.

Tarif pajak itu naik dari 0,1 persen menjadi 0,15 persen.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kabupaten Kendal, Agus Dwi Lestari dalam Sosialisasi Penyampaian SPPT PBB-P2 Tahun 2019 dan Launching e-Pajak, e-PBB, dan e-BPHTB, Kamis (28/3/2019).

Agus mengatakan, kenaikan itu sesuai Perda Kabupaten Kendal Nomor 9 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Perda Kabupaten Kendal Nomor 11 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah.

"Untuk objek pajak NJOP di bawah Rp 1 miliar tidak mengalami kenaikan atau tetap 0,1 persen," ujarnya.

Menurutnya, kenaikan ini dikarenakan pada 2019, nilai ketetapan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) PBB-P2 naik dari Rp 24,85 miliar menjadi Rp 26,3 miliar atau sebesar 5,82 persen.

"Kami akan segera distribusikan SPPT dan Daftar Himpunan Ketetapan Pajak (DHKP) PBB-P2 ke tiap kecamatan dan desa. Pada 1 April 2019 sudah terdistribusikan, kemudian sebulan ke depan kami lakukan jemput bola ke tiap desa," tuturnya

Pada sosialisasi itu, pihaknya juga meluncurkan tiga program pelayanan pembayaran pajak secara elektronik, yaitu e-Pajak, e-PBB dan e-BPHTB.

Menurutnya program ini akan mempermudah, mempercepat, dan secara akurat dalam pembayaran PBB atau pajak di Kabupaten Kendal.

"Tiga pelayanan secara elektronik ini tentu lebih efisien, efektif, dan lebih mudah," katanya.

Halaman
12
Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved