Ngopi Pagi

FOKUS : Tangkap Tangan Lagi

DALAM waktu berdekatan pada bulan ini, Komisi Pemberantasan Korupsi menggelar sejumlah operasi tangkap tangan.

FOKUS : Tangkap Tangan Lagi
tribunjateng/cetak/grafis bram kusuma
Abduh Imanulhaq atau Aim wartawan Tribun Jateng 

Oleh Abduh Imanulhaq

Wartawan Tribun Jateng

DALAM waktu berdekatan pada bulan ini, Komisi Pemberantasan Korupsi menggelar sejumlah operasi tangkap tangan. Operasi senyap yang pertama menyeret politikus muda Romahurmuziy ke balik terali besi.

Pemimpin partai yang sedang bersinar terang di kancah politik nasional itu diketahui bermain pat-gulipat di Kementerian Agama. Kementerian yang seharusnya menjadi teladan bagi lembaga dan institusi negara lainnya.

Tangkap tangan berikutnya melibatkan direktur Badan Usaha Milik Negara PT Krakatau Steel. Wisnu Kuncoro diduga menerima suap dalam proyek pengadaan barang di perusahaan pelat merah tersebut.

Satu lagi yang masih hangat adalah penangkapan anggota DPR asal Jawa Tengah, Bowo Sidik Pangarso. Direksi PT Pupuk Indonesia yang merupakan Badan Usaha Milik Negara juga diperiksa dalam kasus suap distribusi pupuk tersebut.

Kita bangga sekaligus prihatin atas kesuksesan operasi senyap ini. Bangga karena kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi tetap ajeg, konsisten memberantas praktik-praktik rasuah.

Prihatin karena banyaknya kasus korupsi yang terungkap tidak serta merta membuat calon koruptor merasa takut. Tidak heran jika wacana hukuman mati bagi pelaku korupsi sebagaimana yang dilakukan di China tidak pernah padam.

Banyak yang menilai vonis yang dijatuhkan selama ini terlampau ringan. Terbukti mereka yang mengenakan rompi oranye KPK, selalu masih bisa tersenyum di depan kamera televisi.

Kita tahu bahwa korupsi merupakan kejahatan luar biasa. Korupsi memiskinkan bangsa, membuat cita-cita negara mewujudkan kesejahteraan warganya masih juga belum tercapai.

Halaman
12
Penulis: abduh imanulhaq
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved