'Like' Postingan Parpol di Media Sosial, Ketua PPS Desa Sumbersari Kendal Dianggap Tidak Netral

Menyukai unggahan postingan partai politik (parpol) di media sosial, Rosyidin memperoleh teguran dari KPU Kabupaten Kendal.

Penulis: Dhian Adi Putranto | Editor: deni setiawan
TRIBUN JATENG/DHIAN ADI PUTRANTO
Rapat Pleno Penetapan DPTb di Ruang Aula KPU Kendal, Rabu (20/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Menyukai unggahan postingan partai politik (parpol) di media sosial, Rosyidin memperoleh teguran dari KPU Kabupaten Kendal.

Dia adalah Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Sumbersari Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal.

Ketua PPS itu dinyatakan bersalah dan dianggap tidak netral sehingga mendapatkan surat teguran dari KPU untuk tidak melakukan kejadian serupa.

Hal itu terkuak setelah Panwascam Ngampel mengetahui postingan yang diunggah oleh satu parpol di media sosial, disukai (like) oleh Ketua PPS tersebut.

Kemudian Rosyidin dilaporkan Panwascam Ngampel kepada KPU Kabupaten Kendal.

Ketua KPU Kabupaten Kendal, Hevy Indah Oktaria menyayangkan hal tersebut dapat dilakukan pada seorang ketua PPS.

Setelah mendapatkan laporan dari Panwascam Ngampel, pihaknya pun langsung segera melakukan klarifikasi terkait hal yang dilakukan Ketua PPS Desa Sumbersari itu.

"Hal tersebut karena yang bersangkutan tidak mengetahui telah melakukan 'like' postingan tersebut. Namun meski demikian kami tetap berikan teguran," ujarnya, Jumat (29/3/2019).

Ia mengatakan, teguran yang disampaikan yakni teguran agar tidak melakukan kejadian serupa lagi.

Sementara itu Ketua Panwascam Ngampel Muhammad Nasro ikut menyayangkan tindakan menyukai unggahan milik parpol di media sosial oleh Rosyidin.

Menurutnya, PPS harus dapat menjaga etika dan perilaku sesuai Peraturan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI Nomor 2 Tahun 2017 tentang Kode Etik dan Pedoman Perilaku Penyelenggara Pemilu.

“Harusnya dia senantiasa mempedomani Peraturan DKPP. Penyelenggara pemilu harus netral,” pungkasnya. (Dhian Adi Putranto)

Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved