Mahasiswa Udayana Bali Ikuti Lomba Pidato Bahasa Jawa di UNS

Lomba yang digagas oleh Program Studi Sastra Daerah FIB UNS tahun ini, diikuti oleh 37 peserta yang berasal dari berbagai perguruan tinggi.

Mahasiswa Udayana Bali Ikuti Lomba Pidato Bahasa Jawa di UNS
IST
Lomba pidato berbahasa Jawa tingkat nasional yang digelar di ruang seminar Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS pada Rabu (27/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SURAKARTA - Perayaan Dies Natalis Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta ke-43 kembali berlanjut dengan digelarnya Lomba pidato berbahasa Jawa tingkat nasional yang digelar di ruang seminar Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS pada Rabu (27/3/2019).

Lomba yang digagas oleh Program Studi Sastra Daerah FIB UNS tahun ini, diikuti oleh 37 peserta yang berasal dari berbagai perguruan tinggi dari beberapa provinsi.

Diantaranya dari Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Semarang, Institut Agama Islam Negeri Surakarta, dan STKIP PGRI Ponorogo.

Selain diikuti oleh mahasiswa-mahasiswi dari perguruan tinggi di Pulau Jawa, lomba ini turut diikuti oleh mahasiswi asal Universitas Udayana, Bali yaitu Ade Jelita Pramaisella.

Lomba pidato berbahasa Jawa ini digelar sebagai salah satu upaya dari Program Studi Sastra Daerah FIB UNS untuk melestarikan bahasa, sastra, dan budaya, khususnya budaya Jawa dalam menghadapi arus modernisasi Revolusi Industri 4.0.

Menurut salah satu dosen Sastra Jawa di FIB UNS, Siswoyo Eko Wijoyo, lomba pidato berbahasa Jawa diangkat sebab penggunaan bahasa bahasa Jawa formal masih sangat penting dan dibutuhkan dijaman sekarang.

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa penguasaan materi bahasa Jawa oleh generasi muda dijaman sekarang sudah sangat kurang.

Sehingga lomba pidato berbahasa Jawa ini selain untuk melestarikan bahasa Jawa namun juga sebagai sarana untuk mengasah kemampuan generasi muda dalam berbahasa Jawa.

Ditengah-tengah penyelenggaraan lomba, Wakil Dekan III bidang Kemahasiswaan dan Alumni FIB UNS, Drs. Supardjo berbaur dengan panitia, juri dan peserta lomba sambil melantunkan tembang Dhandanggula.

Sontak aksi tersebut disambut peserta lomba yang turut melantunkan tembang Dhandanggula bersama.

Tepat sehari sebelumnya juga diadakan lomba Macapat tingkat nasional yang juga digagas oleh Program Studi Sastra Daerah UNS dalam rangka memeriahkan peringatan Dies Natalis UNS ke-43. (*)

Karyono Pria Banyumas Hilang 12 Tahun Muncul di Telaga Ranjeng, Keluarga Duga Dibawa ke Dunia Lain

TERBARU: Diduga terlibat Pembobolan ATM, Bank Jateng Akan Balik Laporkan Nasabahnya ke Polisi

ABG 185 Kali Lakukan Pemesanan Makanan Fiktif ke Ojol, Ketahuan, Rumahnya Didatangi Ramai-ramai

Karni Ilyas Tak Terima ILC Disebut Opisisi, Rocky Gerung: Ini Tempat Saya Ngibul

 

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved