Tarik Wisatawan, Pemkot Semarang Akan Bangun Travelator

Pemerintah Kota Semarang berencana membangun travelator di sepanjang Jalan Pemuda dari depan Lawang Sewu hingga Paragon Mall.

Tarik Wisatawan, Pemkot Semarang Akan Bangun Travelator
ISTIMEWA
Tarik Wisatawan, Pemkot Semarang Bangun Travelator 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemerintah Kota Semarang berencana membangun travelator di sepanjang Jalan Pemuda dari depan Lawang Sewu hingga Paragon Mall.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, Iswar Aminuddin mengatakan, kajian pembangunan travelator sudah dilakukan sejak 2017 lalu. Feasibility Study (FS) telah selesai dilakukan.

Detail Engineering Desain (DED) juga sudah dirancang awal 2019 ini. Sedangkan eksekusi pembangunannya akan dilakukan pada 2020.

Hutan Wisata Tinjomoyo Semarang Akan Dilengkapi Jembatan Kaca, Hendi : Selesai Akhir 2020

"Nanti travelatornya nempel di trotoar. Konsepnya sepanjang Jalan Pemuda, hanya terputus di posisi jalan masuk setiap kantor," jelas Iswar, Jumat (29/3/2019).

Lebih lanjut, Iswar membeberkan, anggaran travelator ini sekitar Rp 10 miliar hingga Rp 15 miliar.

Material bangunan akan didatangkan dari luar negeri namun dikerjakan di Indonesia.

Namun, dia belum dapat memastikan material tersebut lantaran hal itu bergantung pemenang lelang nantinya.

Menanggapi pro kontra pembanguna travelator di media sosial, Iswar memaparkan, Pemkot Semarang membangun travelator bukan semata hanya menghamburkan anggaran saja. Hadirnya travelator ini akan memunculkan nilai positif semakin berkembangnya Kota Semarang.

"Kami senut multiplayer effects, misalnya pembangunan ini mengeluarkan lima rupuah tapi nanti bisa menghasilkan sepuluh rupiah," paparnya.

Menurut Iswar, semakin berkembangnya sebuah kota, fasilitas, sarana dan prasarana harus semakin baik. Hadirnya travelator nanti akan memunculkan atraksi baru di Kota Semarang yang dapat menarik wisatawan untuk datang ke Kota Semarang. Hal ini sejalan dengan program Pemkot menciprakan Semaeang sebagai kota wisata.

"Kami mencoba satu konsep sesuai visi misi Pemkot bahwa perdagangan dan jasa kami bawa ke wisata caranya dengan melengkapi fasilitas. Atraksi itu bukan hanya budaya saja, travelator termasuk atraksi yang dapat menarik wisatawan seperti halnya Semarang Bridge Fountain," urainya.

Dia berharap, fasilitas dan sarana prasarana yang lengkap akan membuat Semarang semakin ramai dikunjungi. Sehingga pendapatan kota semarang meningkat serta prestasi juga meningkat.

"Tujuannya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pengunjung ramai, warung-warung ramai, investasi ramai," imbuhnya. (eyf)

Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved