DPR Irak Tuntut Anggota ISIS dari Negara Asing Ganti Rugi Dampak Kerusakan yang Diperbuat

Seorang politisi Irak meminta agar anggota Negara Islam Irak dan Suriah ( ISIS) membayar ganti rugi atas perbuatan mereka.

DPR Irak Tuntut Anggota ISIS dari Negara Asing Ganti Rugi Dampak Kerusakan yang Diperbuat
AFP/ZAID AL-OBEIDI
Beginilah kondisi masjid raya Al-Nuri, Mosul yang dihancurkan ISIS tahun lalu. Pemerintah Irak kini membangun kembali masjid yang bersejarah itu. 

TRIBUNJATENG.COM, WASHINGTON DC - Seorang politisi Irak meminta agar anggota Negara Islam Irak dan Suriah ( ISIS) membayar ganti rugi atas perbuatan mereka.

Ketua DPR Irak Mohammed al-Halbousi berkata, ganti rugi itu bersifat finansial.

Tidak sekadar menerima hukuman penjara atau hukuman mati.

Halbousi mendesak seluruh negara yang warganya jadi anggota ISIS supaya diperintahkan membayar atas kerusakan yang ditimbulkan kepada Irak dan warganya.

Dilansir VOA Jumat (29/3/2019), Halbousi tidak menyebutkan apakah Parlemen Irak bakal membuat gugatan resmi atau melakukan penghitungan kerugian.

"Kami akan meminta kompensasi kepada anggota asing yang menyakiti Irak," kata Halbousi dalam kunjungannya ke Washington, Amerika Serikat (AS).

"Kompensasi itu menjadi hak setiap warga Irak yang tidak hanya kehilangan harta benda maupun tempat tinggal. Namun juga anggota keluarganya," tegasnya.

Awal Maret ini, Irak memulai proses pengadilan bagi 14 warga Perancis terduga anggota ISIS yang ditangkap oleh Pasukan Demokratik Suriah (SDF).

Sumber kepada Reuters menuturkan, ke-14 warga Perancis itu sudah menandatangani pengakuan bahwa mereka di Mosul pada 2014-2017 saat ISIS merajalela.

Setiap terduga anggota ISIS yang terbukti bersalah atas warga Irak bakal dihukum mati. Namun ada kemungkinan anggota asing bakal dikembalikan ke negara asal mereka.

"Setiap negara tentunya mengetahui bagaimana menerapkan hukum bagi warga negara mereka yang melakukan kejahatan di negara lain," terang Halbousi.

Pejabat senior kontra-terorisme AS mengungkapkan, setidaknya terdapat 45.000 orang dari 110 negara yang kabur dari rumah mereka dan mengikuti ISIS.

Hingga ISIS akhirnya dinyatakan kalah pada Sabtu pekan lalu (23/3/2019), ada 1.000 orang terduga anggota ISIS yang menyerah maupun ditangkap SDF.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ketua DPR Irak Ingin Anggota Asing ISIS Bayar Ganti Rugi atas Perbuatan Mereka"

Editor: m nur huda
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved