Pelaku Gunakan Tusuk Gigi untuk Curi Uang Bermodus Ganjal ATM di Banyumas

Kelompok pencuri dengan modus mengganjal slot pada mesin ATM di Banyumas, berhasil dirungkus pada Senin (18/3/2019).

Pelaku Gunakan Tusuk Gigi untuk Curi Uang Bermodus Ganjal ATM di Banyumas
TRIBUNJATENG/Permata Putra Sejati 
Satreskrim Polres Banyumas ungkap Kelompok Pencuri Bermodus Ganjal Kartu ATM di Banyumas, pada Sabtu (30/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Kelompok pencuri dengan modus mengganjal slot pada mesin ATM di Banyumas, berhasil dirungkus pada Senin (18/3/2019).

Ternyata pelaku pencuri tersebut hanya bermodal tusuk gigi untuk mengganjal lubang keluar masuk mesin ATM.

Modus itulah yang juga dilakukan oleh tersangka di Banyumas. Mereka bekerja sama agar dapat menipu para korban yang akan mengambil uang di mesin ATM.

Pelaku mengganjal lubang keluar masuk kartu ATM dengan tusuk gigi yang salah satu ujungnya diberi warna hitam.

Setelah ada kartu ATM yang terganjal, selanjutnya diambil tanpa sepengetahuan korban. Kemudian ada pelaku yang masuk dengan berpura-pura  mengambil uang atau sekedar mengambil struk.

"Pelaku Sigit Hanafi (29)  inilah yang seakan-akan menawarkan bantuan kepada korban agar menekan tombol Cancel dan menekan kode pin sebanyak 2 kali," ujar AKP Agung Yudiawan selaku Kasatreskrim Polres Banyumas kepada Tribunjateng.com, Sabtu (30/3/2019).

"Korban juga lalai karena tanpa sadar sedang diperhatikan oleh tersangka yang mengingat dan menghafal kode pin yang sedang diketik," tambahnya.

Ketika korban sedang mengetik kode pin, pelaku Sigit dapat menghafalkan pin yang sedang diketik korban.

Setelah kartu ATM tidak bisa keluar dan korban pergi, Sigit ikut keluar seakan-akan tidak terjadi apa-apa. Sementara tersangka Hamka (42) membantu mengawasi keadaan di sekitar dengan berjaga di depan ATM.

Setelah mendapat nomor pin dan kartu ATM korban yang terganjal di mesin, para pelaku lalu pergi ke mesin ATM lain untuk melakukan transaksi tarik tunai.

Barang bukti utama yang digunakan oleh para tersangka juga sudah diamankan. Di antaranya adalah satu pasang patahan tusuk gigi, 1 pack tusuk gigi Indomart, 2 pack tusuk gigi Alfamart, 2 pack korek api batang.

Masyarakat diharapkan agar lebih berhati-hati jika bertemu dengan orang yang mau menawarkan bantuan ketika terjadi masalah saat menggunakan mesin ATM.

Jangan mudah menunjukan kode pin kartu ATM kepada orang lain dan segera melopor ke pihak berwajib jika menemui kasus serupa. (Tribunjateng/jti)

Polisi Ringkus Gerombolan Pencuri Bermodus Ganjal Kartu ATM di Banyumas

Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved