Setiap Kelompok Durasi Tampil Minimal 15 Menit, KPU Salatiga Gelar Festival Gaet Pemilih Pemula

KPU Kota Salatiga menyosialisasikan Pemilu 17 April 2019 dikhususkan bagi pemilih pemula atau pelajar.

Setiap Kelompok Durasi Tampil Minimal 15 Menit, KPU Salatiga Gelar Festival Gaet Pemilih Pemula
TRIBUN JATENG/M NAFIUL HARIS
Penonton menyaksikan penampilan peserta kelompok band pada acara sosialisasi pemilih pemula KPU Salatiga di Halaman Gedung Korpri Salatiga, Minggu (31/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga terus menyosialisasikan Pemilu 17 April 2019 setelah sebelumnya menyasar masyarakat umum, kemudian komunitas kali ini dikhususkan bagi pemilih pemula atau pelajar.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Salatiga Abdul Rochim mengatakan acara itu merupakan program nasional dikemas menyesuaikan audiens atau calon pemilih.

“Ini memang kami peruntukkan untuk pemilih pemula dimana waktu sesuai program KPU Pusat. Karena pemilih pemula itu rata-rata anak SMA, acara kami desain sesuai kedekatan dunia mereka,” terangnya kepada Tribunjateng.com, di Halaman Parkir Gedung Korpri Salatiga, Minggu (31/3/2019).

Menurut Rochim, pada festival kali ini berupa perlombaan pentas seni dan kreativitas yang terbagi dua kelompok, satu band dan dance.

Bagi setiap grup band diharuskan anggota berasal dari satu sekolah dalam penampilannya wajib menyanyikan dua lagu, satu  jingle KPU, sisanya bebas.

“Durasi minimal setiap satu kelompok peserta tampil selama 15 menit. Hal yang sama juga berlaku untuk lomba kategori menari dance,” katanya.

Dikatakan Rochim, pada sela-sela kegiatan berlangsung petugas KPU turut menyampaikan kepada para peserta dan penonton yang hadir tentang informasi kepemiluan mulai bagaimana pentingnya memilih dan sebagainya.

Dia menilai dengan cara perlombaan sesuai minat pelajar disertai iming-iming hadiah mencapai Rp 10 juta cukup efektif menjadi daya tarik.

Ia menambahkan, petugas juga menyampaikan kalau pemilu itu tidak serius seperti layaknya debat kandidat maupun tim sukses pada siaran televisi.

Sebelumnya, kata Rochim, para peserta lomba telah terlebih dahulu mengikuti seleksi pada 27 Maret 2019, baik band maupun dance.

“Masing-masing peserta yang bertanding atau tampil dalam sosialiasi kali ini sebanyak 16 tim. Tiap kelompok band maupun dance terdiri dari 8 kelompok,” ujarnya.

Pihaknya menegaskan, di Kota Hati Beriman tercatat sebanyak 20-30 persen pemilih pemula pada pemilu tahun ini atau sekira 10.659 orang.

Seorang warga sekaligus pemilih pemula Lilis (17) mengaku kegiatan yang diinisiasi KPU sangat bagus dan memotivasi dirinya bagian dari kelompok millenial.

Lilis menyatakan, lomba yang dikemas KPU sekaligus sosialisasi pemilu baginya menambah pengalaman baru apalagi April 2019 merupakan kali pertama mencoblos.

“Sedikit-banyak tadi sudah tahu mana-mana dan besok memilih siapa saja. Hanya cara mencoblosnya belum begitu paham karena surat suaranya banyak,” jelasnya. (M Nafiul Haris)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved