4.566 Siswa Tingkat SMA/MA di Karanganyar Ikuti UNBK Hari Pertama, 3 Siswa Absen Pada Sesi Pertama

Sebanyak 12.228 siswa di Cabang Dinas Pendidikan (Cabdin) Wilayah VI Jawa Tengah mengikuti Ujian Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/MA

4.566 Siswa Tingkat SMA/MA di Karanganyar Ikuti UNBK Hari Pertama, 3 Siswa Absen Pada Sesi Pertama
Agus Iswadi
Suasana pelaksanaan UNBK hari pertama di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar, Senin (1/4/2019) 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Sebanyak 12.228 siswa di Cabang Dinas Pendidikan (Cabdin) Wilayah VI Jawa Tengah mengikuti Ujian Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/MA pada hari pertama, Senin (1/4/2019)

Di Cabdin Wilayah VI Jateng meliputi Kabupaten Sragen, Karanganyar dan Wonogiri. Di Karanganyar sendiri diikuti sebanyak 4.566 siswa SMA/MA dari 22 satuan pendidikan.

Adapun pada hari pertama ini Mapel yang diujikan yakni Bahasa Indonesia. Dari informasi yang Tribunjateng.com himpun, ada 3 siswa di wilayah Karanganyar tidak menghadiri atau absen pada sesi pertama penyelenggaraan UNBK tingkat SMA/MA.

Staf Administrasi SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Jawa Tengah, Gunawan menuturkan, sesi pertama ada 12 siswa yang tidak mengikuti UNBK di Cadin Wilayah VI Jateng pada hari pertama.

"Di Karanganyar ada 3 siswa. 1 siswa dari MA Miftahul Ulum Matesih dan 2 Siswa dari SMA N Colomadu," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Senin (1/4/2019)

"Satu siswa dari MA Miftahul Ulum Matesih tidak masuk karena tidak melanjutkan sekolah namun namanya sudah terdaftar, sedangkan dua siswa di SMA N Colomadu izin sakit karena opname," lanjutnya

Sementara itu, Kepala Cadin Wilayah VI Jateng, Suyanta menambahkan, penyelenggaraan UNBK tingkat SMA di Cabdin VI Jateng sampai saat ini berjalan lancar. "Saya lihat untuk tingkat SMA lebih siap, mungkin belajar dari penyelenggaraan UNBK tingkat SMK kemarin," jelasnya.

Selanjutnya dari pantauan Tribunjateng.com di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar, UNBK berjalan lancar. Pegawai Bagian Kurikulum, Muhammad Andy Nurhadi mengatakan, sebelum penyelenggaraan UNBK ini ada tiga tryout nasional yang telah dilaksanakan di sekolahan ini.

"Itu untuk melihat kesiapan melaksanakan UNBK. Pertama itu terkait saranan dan prasarana, kedua koneksi jaringan, dan ketiga simulasi kendala," jelasnya

Dari total 585 pelajar yang mengikuti UNBK di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar, pelaksanaan dibagi menjadi 3 sesi. Setiap sesinya diikuti 195 siswa.

Ia menuturkan persiapan UNBK sudah dilakukan sejak awal, seperti penambahan jam pelajaran atau pemadatan. "Keseluruhan siswa mengikuti UNBK hari ini. Alhamdulillah hari ini lancar. Baik itu jaringan koneksi dan teknis lainnya," ungkapnya

Dalam menghadapi UNBK pihaknya menyediakan satu buah genset untuk mengantisipasi adanya pemadaman listrik. "Untuk UNBK tahun ini harapannya siswa mendapatkan hasil yang memuaskan," tandasnya. (*)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved