Poskamling Desa Kalialang Wakili Polres Brebes Lomba Tingkat Polda Jateng

Penilaian yang dipimpin oleh Kompol Sugiyanto berserta Tim dari Dit Binmas Polda Jateng tersebut dilaksanakan mulai pukul 20.00 WIB

Poskamling Desa Kalialang Wakili Polres Brebes Lomba Tingkat Polda Jateng
Istimewa
Tim Penilai dari Polda Jateng mengunjungi Poskamling RT 1 RW 1 Desa Kalialang, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Senin (1/4/2019) malam. 

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling) RT 1 RW 1 Desa Kalialang, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, mendapat kunjungan dari Tim Penilai Lomba Poskamling Tigkat Polda Jawa Tengah.

Polres Brebes menunjuk Poskampling Desa Kalialang sebagai perwakilan Kabupaten Brebes untuk mengikuti lomba Siskamling tingkat Polda Jateng dan sekaligus sebagai tempat berlangsungnya perlombaan tersebut.

Penilaian yang dipimpin oleh Kompol Sugiyanto berserta Tim dari Dit Binmas Polda Jateng tersebut dilaksanakan mulai pukul 20.00 WIB, Senin (1/4/2019) malam.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Brebes diwakili Waka Polres Kompol M Faisal Perdana, Kabag Sumda Kompol Herry Tristyono, Kasat Sabhara AKP Guritno, Kasat Binmas AKP Pranata, Kapolsek Jatibarang, Brebes, dan Larangan, Muspika Jatibarang, Pj Kepala Desa Kalialang, BPD Desa Kalialang serta Tokoh Masyarakat dan warga setempat.

Kasat Binmas Polres Brebes AKP Pranata menyampaikan, kegiatan yang digelar ini bertujuan untuk meningkatkan semangat siskamling guna meningkatkan keamanan diwilayah sendiri, karena kamtibmas merupakan tanggung jawab bersama. Karena dengan ditingkatkannya siskamling dapat mendeteksi sejak dini dan menangkal serta mencegah timbulnya berbagai tindak kejahatan.

“Siskamling merupakan pam swakarsa yang merupakan budaya di tingkat RT dan RW. Dengan di selenggarakannya lomba ini dapat mewujudkankan masyarakat yang aman dan nyaman serta merupakan tindak lanjut dan partisipasi aktif bela Negara dalam hal keamanan di lingkungan," kata Pranata.

Melalui kegiatan tersebut, Pranata juga menyampaikan untuk kembali mengaktifkan serta mendongkrak kegiatan Siskamling di tengah tengah masyarakat. Sebab, di beberapa daerah kegiatan Siskamling ada kecenderungan menurun sehingga perlu upaya penggalaan kembali, mengingat Kamtibmas adalah tanggung jawab bersama semua pihak.

"Keamanan di Kabupaten Brebes merupakan keinginan kita semua, besar harapan yang sudah dilaksanakan agar bukan hanya pada saat penilaian saja namun berkelanjutan agar aman dan nyaman," imbuhnya.

Di kesempatan penilaian, lomba Siskamling disambut cukup antusias dengan ditandai ratusan warga yang hadir. Kedatangan Tim penilai dari Polda Jateng disambut pengalungan bunga oleh penari serta penampilan kesenian daerah (Angklung) oleh warga sekitar.

Ketua tim penilai dari Polda Jateng Kompol Sugiyanto dalam sambutannya menyampaikan, Lomba siskamling ini merupakan program Polri khususnya Polda Jateng dalam rangka meningkatkan kesadaran bermasyarakat dengan meningkatkan siskamling. Mengingat betapa besarnya manfaat siskamling yang merupakan warisan budaya yang kita miliki sejak lama dan wajib kita pelihahara.

"Dengan di gelarnya lomba ini, selain untuk meningkatkan siskamling juga untuk mengingat betapa besar manfaat siskamling. Diantaranya masyarakat dapat mendapat info yang sesunguhnya,” ungkap Sugiyanto.

Ia menambahkan, beberapa komponen penilaian adalah sarana dan prasarana Poskamling, kesadaran masyarakat untuk ikut ronda, administrasi seperti daftar hadir ronda serta tingkat keamanan di desa tersebut. (Nal)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved