Layanan Pindah Pemilih Diperpanjang Hingga 10 April, Tapi Ada Syarat Khusus, Berikut Penjelasannya

Layanan pindah memilih (form A5) dalam gelaran Pemilu Serentak pada 17 April 2019 mendatang, diperpanjang hinga H-7 atau 10 April 2019.

Layanan Pindah Pemilih Diperpanjang Hingga 10 April, Tapi Ada Syarat Khusus, Berikut Penjelasannya
yayan isro
Ketua KPU Kabupaten Temanggung M Yusuf Hasyim 

TRIBUNJATENG.COM, TEMANGGUNG - ‎Layanan pindah memilih (form A5) dalam gelaran Pemilu Serentak pada 17 April 2019 mendatang, diperpanjang hinga H-7 atau 10 April 2019.

Sebelumnya, layanan pindah memilih hanya dibatasi sampai 17 Maret 2019.

Demikian disampaikan Komisi KPU Kabupaten Temanggung, M Yusuf Hasyim.

"Ada putusan baru dari Mahkamah Konstituis (MK) untuk memperpanjang layanan pindah memilih, hingga 10 April 2019," ujarnya, Kamis (4/4/2019).

Menurut dia, perpanjangan layanan pindah memilih ini dimaksudkan agar calon pemilih dapat menggunakan hak pilihnya, sesuai amanat konstitusi.

Akan tetapi, sambung dia, perpanjangan layanan pindah memilih perpanjangan ini mensyaratkan adanya keadaan-keadaan tertentu.

Di antaranya, sebut Hasyim, orang yang dirawat di rumah sakit, tahanan di rumah tahanan negara (Rutan) atau Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), lalu korban bencana alam.

Atau, seseorang yang bertugas di luar domisili tempat ia terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT).

"Misalnya, petugas medis atau pekerja media yang bertugas di luar alamat sesuai kartu tanda penduduk (e-KTP)," ucapnya.

Bilamana mengalami kondisi seperti disebutkan di atas, sambung dia, calon pemilih bisa mengurus form A5 di Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa, sesuai asal alamat e-KTP, atau KPU kabupaten-kota asal.

Bisa juga langsung ke KPU kabupaten-kota tujuan.

"Syaratnya, membawa e-KTP atau surat k‎eterangan (suket) sebagai pengganti e-KTP, disertai surat tugas bagi seseorang yang bertugas atau ditugaskan di luar alamat asal sesuai e-KTP," urainya.

Ia mengimbau, masyarakat yang memenuhi persyaratan kondisi di atas untuk segera mengurus form A5 di tempat-tempat yang telah disebutkan.

Sehingga, hak suaranya tak hangus serta dapat disalurkan dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut. (Yayan Isro' Roziki)

Penulis: yayan isro roziki
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved