3.149 Ketua KPPS Kabupaten Karanganyar Dilantik, Bupati: Hindari Sekecil Apapun Kesalahan

KPU melantik 3.149 Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) se- Kabupaten Karanganyar secara serentak, Jumat (5/4/2019).

3.149 Ketua KPPS Kabupaten Karanganyar Dilantik, Bupati: Hindari Sekecil Apapun Kesalahan
ISTIMEWA
Pelantikan dan pengambilan sumpah janji Ketua KPPS se-Kabupaten Karanganyar secara serentak di Alun-Alun Karanganyar, Jumat (5/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Menjelang bergulirnya hajatan pesta demokrasi Pemilu 2019, KPU melantik 3.149 Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) se- Kabupaten Karanganyar secara serentak, Jumat (5/4/2019).

Pelantikan sekaligus penandatanganan dan pengambilan sumpah janji Ketua KPPS se-Kabupaten Karanganyar oleh Ketua KPU Kabupaten Karanganyar Triastuti Suryandari itu berlangsung di Alun-Alun Karanganyar.

Selain pelantikan Ketua KPPS se- Kabupaten Karanganyar, juga dilaksanakan pembacaan deklarasi sukses Pemilu 2019 oleh Bupati Karanganyar Juliyatmono dan diikuti seluruh peserta.

Ketua KPU Kabupaten Karanganyar Triastuti Suryandari mengatakan, yang menjadi penekanan dalam pelantikan ini terkait kesiapan KPU dan lembaga terkait dalam pelaksanaan Pemilu 2019.

"Di tingkat TPS ada KPPS yang siap melaksanakan pemungutan dan perhitungan suara. Ini sekaligus menyampaikan kepada masyarakat umum, kami sudah siap menyelenggarakan Pemilu 2019," kata Triastuti Suryandari kepada Tribunjateng.com, Jumat (5/4/2019).

Adapun dalam kesempatan ini, total ada 3.149 Ketua KPPS yang dilantik dan diambil sumpah janjinya.

Selain itu bimbingan teknis (Bimtek) secara berjenjang pun sudah dimulai, dari tingkat KPU, PPK, PPS, hingga KPPS.

"Sehingga ini untuk mempersiapkan terutama KPPS agar siap saat melaksanakan pemungutan dan perhitungan suara saat hari H yakni 17 April 2019," terangnya.

Selanjutnya, Triastuti juga menyinggung pemilih disabilitas terkait akses untuk menggunakan hak pilihnya di TPS.

"Di Karanganyar ada 1.319 penyandang disabilitas. Itu ada ketentuannya mengingat pembuatan TPS juga mengedepankan akses disabilitias. Semisal pengguna kursi roda harus ada akses untuk bisa masuk ke TPS kemudian bisa melakukan pencoblosan, demikian juga yang lain," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Karanganyar Juliyatmono menambahkan, ini momentum bersama-sama dengan dilantiknya Ketua KPPS secara serentak.

"Jika (dilantik) secara bersamaan akan mempunyai spirirt yang berbeda. Semua pihak tahu, semua menaruh harapan kepada KPPS," tuturnya.

"Pelantikan ini sama dengan publik mengingatkan KPPS supaya bekerja baik, cermat, dan hati-hati. Hindari sekecil apapun kesalahan karena legitimasi ada di sana," lanjutnya.

Ia mengungkapkan, pemerintah beserta semua pihak sudah bekerja sesuai tugas masing-masing untuk mensukseskan Pemilu 2019.

"Memasuki masa tenang kami masih akan perintahkan melalui pemerintah desa, agar seluruh anggota KPPS, perangkat desa, Linmas, mengawasi pemilu. Kami minta untuk berdoa bersama di kantor desa masing-masing," tandasnya. (Agus Iswadi)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved