Kabupaten Purworejo Mendapat Kucuran Dana Rp 49 Miliar Dari Pemprov Jawa Tengah

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyerahkan bantuan kepada perseorangan maupun lembaga di Pendopo Kabupaten Purworejo untuk tahun anggaran 2019.

Kabupaten Purworejo Mendapat Kucuran Dana Rp 49 Miliar Dari Pemprov Jawa Tengah
ISTIMEWA
Lapangan Desa Geparang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOREJO - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyerahkan bantuan kepada perseorangan maupun lembaga di Pendopo Kabupaten Purworejo untuk tahun anggaran 2019, Sabtu (6/4/2019).

Ganjar berharap bantuan tersebut bisa jadi pengungkit pemberdayaan masyarakat setempat.

Total bantuan yang diserahkan Ganjar pada masyarakat Kabupaten Purworejo sebesar Rp 49 miliar.

Yang diperuntukkan untuk sektor sosial, pendidikan, kesehatan, infrastruktur, pemberdayaan dan lainnya. Bantuan tersebut diberikan setelah ada usulan dari masyarakat.

"Selanjutnya, kami ingin menyampaikan bagaimana caranya agar masyarakat menyampaikan aspirasinya. Maka mumpung ketemu, antara perangkat, kades, bupati, tumplek blek kita harapkan mereka semua akan membuka ruang aduan dan komunikasi," kata Ganjar.

Sambut Sandiaga Uno di Temanggung, Polisi Tak Ingin Peristiwa di Purworejo Terulang

Dengan terbukanya ruang Komunikasi tersebut, Ganjar berharap masyarakat akan mendapat kejelasan terkait kewenangan.

Misalnya, soal jalan atau jembatan, dengan terbukanya ruang komunikasi masyarakat akan mengerti apakah itu jalan atau jembatan wewenang pemerintah pusat, provinsi, kabupaten atau pun desa.

"Mekanisme ini mesti diketahui mereka. Dengan begitu akhirnya kita bisa menemukan pemberdayaan di Purworejo yang ternyata di sini saja bisa mengolah buah lokal. Saya kaget, kalau manggis di sini itu biasa, tapi ini markisa. Yang biasanya di Sulawesi Selatan, ternyata di sini ada," katanya.

Selain pemberdayaan pertanian itu, ada juga pemberdayaan para korban banjir beberapa waktu lalu.

Menurut Ganjar, mereka telah diberi pelatihan membuat gula semut. Pemberdayaan tersebut termasuk dalam deretan bantuan yang diberikan Pemprov Jateng tahun anggaran 2019.

Halaman
12
Penulis: faisal affan
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved