Bawaslu Kota Semarang Bagikan 81.756 Buku Saku Saksi Pemilu, Selain Bimtek Maraton

Saksi merupakan ujung tombak yang sama dengan Panwaslu yakni sama-sama mengawal pemilu yang bermartabat dan berintegritas.

Bawaslu Kota Semarang Bagikan 81.756 Buku Saku Saksi Pemilu, Selain Bimtek Maraton
ISTIMEWA
Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Semarang Hendrar Prihadi secara simbolis menerima buku saku saksi pemilu dari Ketua Bawaslu Kota Semarang Muhammad Amin, Minggu (7/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Bawaslu Kota Semarang melalui Panitia Pengawas Pemilu Tingkat Kecamatan (Panwascam) gelar bimbingan teknis (bimtek) kepada 1.357 saksi peserta pemilu dan perwakilan 16 partai politik (parpol) Kota Semarang secara maraton mulai Sabtu (6/4/2019) hingga Rabu (10/4/2019).

Koordinator Divisi Hukum dan Data Informasi Bawaslu Kota Semarang, Arif Rahman mengatakan, bimtek itu merupakan amanah Pasal 351 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

"Wujud dari amanah itu, kami gelar bimtek secara berbarengan selama lima hari agar saksi memiliki pandangan sama dengan pengawas pemilu," terangnya, Minggu (7/4/2019).

Dikatakan Arif, saksi merupakan ujung tombak yang sama dengan Panwaslu yakni sama-sama mengawal pemilu yang bermartabat dan berintegritas.

Dia berharap para saksi memahami dan memiliki pandangan sama tentang mekanisme pungut hitung, hak dan kewajiban saksi, serta larangan bagi saksi dalam menjalankan tugas saat pelaksanaan pesta demkorasi pada 17 April 2019.

Bimbingan teknis ini dilaksanakan di delapan Panwascam yang terdapat kantor pengurus parpol tingkat kota.

Bimtek ini disupervisi secara langsung oleh Bawaslu Kota Semarang serta jajaran sekretariat guna memastikan materi yang disampaikan mengikuti prosedur dan pedoman materi.

"Kami mempersiapkan Panwascam yang siap pakai. Untuk itu kami bekali sistem yang mudah dipahami dan efektif bagi mereka," imbuh Arif.

Dalam bimtek tersebut, Bawaslu juga menyerahkan buku saku saksi sebanyak 81.756 buku ke tiap parpol di Kota Semarang. (Eka Yulianti Fajlin)

Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved