Undip Semarang Peringkat 125 Dunia Implementasi Program PBB SDGs

Undip Semarang menempati peringkat ke 125 dunia dan peringkat ke-2 di Indonesia dalam implementasi program PBB Sustainable Development Goals (SDGs).

Undip Semarang Peringkat 125 Dunia Implementasi Program PBB SDGs
tribunjateng/yasmine aulia
Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menempati peringkat ke 125 dunia dan peringkat ke-2 di Indonesia dalam implementasi program PBB Sustainable Development Goals (SDGs).

Peringkat itu didasarkan data dari lembaga pemeringkatan perguruan tinggi seluruh dunia, Times Higher Education (THE) dalam World University Impact Rankings 2019.

Wakil Rektor Bidang Inovasi dan dan Kerja Sama Undip, Prof Ambarianto memaparkan, program pemeringkatan PBB yang baru pertama diselenggarakan ini terdiri dari 17 goals.

Program dijalankan sejak 2015 hingga 2030, menyakut berbagai aspek mulai dari kesehatan, kesejahteraan, pengentasan kelaparan, lingkungan, pendidikan, infrastruktur, konsumsi dan produksi, hingga perubahan iklim.

Menurutnya, penilaian yang dilakukan THE berdasarkan keunggulan Undip Semarang pada implementasi seluruh tujuan atau goals dari SDGs.

Seperti SDGs 3 good health and wellbeing (kesehatan dan kesejahteraan), SDGs 12 responsible consumption and production (konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab), SDGs 13 climate change (tentang perubahan iklim), dan SDGs 17 partnership for the goals (kemitraan dalam mencapai tujuan).

"Selama beberapa tahun terakhir ini Undip Semarang selalu menyusun sustainability report yang dapat diakses oleh semua pihak," ujarnya, Minggu (7/4/2019).

Laporan ini, lanjut dia, memberi gambaran tentang program dan aktivitas terkait seluruh tujuan SDGs yang dijalankan Undip.

"Kesadaran ini bentuk komitmen Undip Semarang terus berusaha menuju sustainable university,” tutur Guru Besar Ilmu Perikanan dan Kelautan Undip Semarang itu.

Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama menilai, pencapaian ini sangat menggembirakan dan membanggakan.

Tidak saja karena Undip Semarang menjadi dikenal di tingkat internasional.

Menurutnya hal ini juga membuktikan Undip Semarang memiliki fokus hal-hal yang terkait 17 tujuan SDGs.

"Seluruh civitas akademika Undip Semarang melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi telah membantu pemerintah dalam mencapai target SDGs," paparnya. (Akbar Hari Mukti)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved