Pemilu 2019

Jelang Kampanye Jokowi, Para Kapolres di Solo Raya Siap Jaga Lokasi Perbatasan

Jelang kampanye capres Jokowi, sejumlah kepala kepolisian resor (Kapolres) wilayah Solo Raya siap melaksanakan pengamanan daerah perbatasan

Jelang Kampanye Jokowi, Para Kapolres di Solo Raya Siap Jaga Lokasi Perbatasan
Tribun Jateng/Daniel Ari Purnomo
Puluhan peserta menghadiri rapat koordinasi pelaksanaan pengamanan kampanye terbuka rapat umum Jokowi dan Prabowo di Hotel Mega Land, Jalan Slamet Riyadi, Kota Solo, Senin (8/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Sejumlah kepala kepolisian resor (Kapolres) wilayah Solo Raya siap melaksanakan pengamanan daerah perbatasan Kota Solo, jelang kampanye terbuka pemilihan presiden 2019.

Pengamanan meliputi kepemilikan senjata, minuman keras (miras), dan kondisi fisik kendaraan simpatisan.

Terkait fisik kendaraan, polisi fokus pada penindakan sepeda motor berknalpot brong.

Kapolres Sukoharjo, AKBP Iwan Saktiadi menuturkan jajarannya sudah menetapkan dua titik pengamanan di Tanjunganom dan Tugu Lilin.

Polresta Solo Ancam Tindak Tegas Knalpot Brong Simpatisan Kampanye Terbuka

Dua lokasi perbatasan Kabupaten Sukoharjo dan Kota Solo itu akan dijaga selama pelaksanaan kampanye terbuka berlangsung.

"Jadi kalau yang lewat (simpatisan) tidak sesuai aturan, kita hentikan, kita tindak," kata AKBP Iwan usai Rapat Koordinasi Kampanye Terbuka di Hotel Mega Land, Jalan Slamet Riyadi, Kota Solo, Senin (8/4/2019).

Melengkapi, Kapolres Boyolali, AKBP Kusumo Wahyu Bintoro berujar pihaknya juga sudah menetapkan dua titik lokasi pengamanan di perbatasan Kota Solo.

Dua lokasi meliputi kawasan Bangak dan Ngemplak.

"Kami jaga selama dua hari (Selasa dan Rabu), dari jam 9 pagi sampai 10 malam. Waktu kampanye itu kan dibatasi sampai pukul 18.00, tetapi tugas kami dari Polri itu belum selesai. Tugas kami selesai apabila simpatisan sudah tiba di rumah masing-masing," ujar AKBP Kusumo.

Masing-masing titik, lanjut dia, akan disiagakan sekitar 100-120 personel kepolisian dan melibatkan satuan petugas masing-masing capres.

Personel tersebut meliputi Satuan Sabhara, Lantas, Brimob, Reskrim, dan Intel.

Kapolres Wonogiri, AKBP Uri menambahkan upaya penegakan hukum bagi konvoi kendaraan simpatisan, khususnya berknalpot brong, sudah lama dilakukan.

Khusus kampanye terbuka, dia berujar jajarannya sudah bersiaga di beberapa titik penyekatan dengan perbatasan Kabupaten Sukoharjo.

"Kami akan intensifkan komunikasi dengan Polres tetangga. Utamanya komunikasi pergerakan massa. Dan kami juga memberikan hak yang sama untuk pengawalan sesuai permintaan," ujarnya. (Daniel Ari Purnomo)

Penulis: Daniel Ari Purnomo
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved