Jelang Ramadan, Digelar Sidak Sejumlah Pasar dan SPBU di Kota Semarang

Menjelang Ramadan, Dinas Perdagangan Kota Semarang dan stakeholder terkait melakukan inspeski mendadak (sidak) ke pasar di Kota Semarang, Selasa (9/4/

Jelang Ramadan, Digelar Sidak Sejumlah Pasar dan SPBU di Kota Semarang
Tribun Jateng/Eka Yulianti Fajlin
Dinas Perdagangan Kota Semarang dan stakeholder terkait melakukan sidak ke Pasar Langgar, Selasa (9/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Menjelang Ramadan, Dinas Perdagangan Kota Semarang dan stakeholder terkait melakukan inspeski mendadak (sidak) ke pasar di Kota Semarang, Selasa (9/4/2019).

Pasar yang menjadi sasaran sidak kali ini yaitu Pasar Langgar dan Pasar Sampangan.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto mengatakan, sidak ini guna memastikan stok bahan pangan menjelang ramadan aman dan harga stabil.

Dari hasik sidak, stok bawang putih sedikit terhambat pasalnya terdapat kenaikan komoditi bawang putih sekitar Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu.

Harga bawang putih semula berkisar Rp 40 ribu hingga Rp 45 ribu, saat ini menjadi kisaran Rp 52 ribu hingga Rp 54 ribu.

"Itu kami anggap masih batas toleransi karena saat ini kondisi kerap hujan dan menyebabkan bawang putih bosok. Sehingga, pasokan sedikit terlambat, sementara permintaan naik," jelas Fajar.

Dia mastikan harga bawang putih akan kembali stabil dalam kurun waktu satu bulan. Pihaknya pun akan mengupayakan hal tersebut.

Sementara, stok bahan pangan seperti telur, beras, gula dan komoditi lainnya dalam kondisi aman. Harga sejumlah komoditi juga stabil.

"Stok bahan pangan menjelang puasa semua dalam kondisi normal, nanti kami akan lakukam operasi pasar dan cek lagi sepekan sebelum puasa dan akan kami lakukan evaluasi terkait komoditi yang dibutuhkan," terangnya.

Disamping mengecek stok dan harga bahan pangan, menjelang Ramadan ini Dinas Perdagangan juga mengecek Stasiun Pengisi Bahan Bakar Umum (SPBU) guna memastikan tidak ada kecurangan dalam setiap penakaran bahan bakar.

UPTD Metrologi Legal melakukan inspeksi mendadak ke SPBU Gajahmungkur, Kota Semarang, Selasa (9/4/2019).
UPTD Metrologi Legal melakukan inspeksi mendadak ke SPBU Gajahmungkur, Kota Semarang, Selasa (9/4/2019). (Eka Yulianti Fajlin)
Halaman
12
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved