DPD RI Miliki Kewenangan Baru Pantau Raperda dan Perda

Wakil Ketua DPD RI Akhmad Muqowam menegaskan bahwa kini DPD memiliki sebuah kewenangan baru.

DPD RI Miliki Kewenangan Baru Pantau Raperda dan Perda
TRIBUN JATENG/REZA GUSTAV
Wakil Ketua DPD RI Akhmad Muqowam memberikan keterangan kepada pers di Hotel Santika Premiere, Kamis (11/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Wakil Ketua DPD RI Akhmad Muqowam menegaskan bahwa kini DPD memiliki sebuah kewenangan baru.

Kewenangan baru itu memungkinkan DPD dapat melakukan pemantauan dan evaluasi Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) dan juga Peraturan Daerah (Perda), sesuai dengan UU Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua UU MD3, yaitu MPR, DPR, DPD dan DPRD.

Hal itu disampaikan Muqowam usai Forum Group Discussion bertajuk "Harmonisasi dan Sinergitas Penyusunan Legislasi Daerah Pascaperubahan UU MD3" di Hotel Santika Premiere Semarang, Kamis (11/4/2019) hari ini.

"Pemantauan dan evaluasi ranperda serta perda itu dapat menjadi manifestasi fungsi pengawasan dan representasi DPD,” ujarnya kepada Tribunjateng.com.

“Sehingga pemantauan dan evaluasi berupa rekomendasi DPD disampaikan ke presiden dan DPR," imbuhnya.

Lebih lanjut, Muqowam mengatakan bahwa pihaknya menggelar FGD tersebut agar tercipta harmonisasi dan sinergitas dalam penyusunan Legislasi daerah pasca perubahan UU MD3.

“Diskusi ini dapat memberikan masukan di mana posisi DPD saat ini,” ujarnya.

“Kami lakukan dialog dengan beberapa stakeholder agar bisa harmonis antara kewenangan legislatif, yudikatif, eksekutif,” lanjutnya.

Keharmonisan kewenangan Perda itu ia contohkan, peraturan daerah mengenai batasan tonase angkutan berat yang diterbitkan masing-masing daerah.

“Contoh, sebuah truk dengan gandaran sepuluh Ton berjalan dari Surabaya ke Jakarta.”

“Jika Perda Jatim membatasi sepuluh Ton, Jateng sembilan Ton dan Jabar sebelas Ton, maka truk tersebut akan melanggar Perda Jateng.”

“Hal tersebut yang akan kami pantau agar muncul kesesuaian dan keharmonisan pada perda antar wilayah,” pungkasnya. (tribunjateng/rez)

Penulis: Reza Gustav Pradana
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved