Ngopi Pagi

Pemilu: Ronaldo Vs Messi

Persaingan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto diibaratkan persaingan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Pemilu: Ronaldo Vs Messi
tribunjateng/cetak/grafis bram kusuma
Suharno Wartawan Tribun Jateng 

Oleh Suharno

Wartawan Tribun Jateng

Kekecewaan terlihat di wajah Cristiano Ronaldo. Dia gagal mengeksekusi penalti kala laga Manchester United melawan tuan rumah Barcelona pada leg pertama Semifinal Liga Champions musim 2007/2008.

Bola tendangan pemain berpaspor Portugal itu melambung di atas gawang Victor Valdes. Laga kedua tim di Stadion Camp Nou ini akhirnya menghasilkan skor imbang tanpa gol. Laga yang dihadiri lebih dari 90.000 orang ini juga merupakan awal pertemuan Cristiano Ronaldo dengan bintang Barcelona Lionel Messi.

Sepekan kemudian, kedua pemain kembali saling berhadapan di Stadion Old Trafford pada leg kedua semifinal Liga Champions 2007/2008. Berkat gol Paul Scholes memanfaatkan blunder Gianluca Zambrotta, akhirnya Manchester United yang berhasil melangkah ke final usai unggul agregat 1-0. MU juga yang akhirnya berhasil meraih gelar juara usai mengungguli Chelsea melalui drama adu penalti di laga pamungkas.

Setahun setelah semifinal itu, Cristiano Ronaldo bersama Manchester United kembali berhadapan dengan Barcelona yang diperkuat Lionel Messi di laga final Liga Champions 2008/2009. Kali ini, giliran Barcelona yang berhasil mempecundangi MU dan keluar sebagai juara. Messi juga berhasil mencetak gol.

Lionel Messi Resmi Lampaui Cristiano Ronaldo di Top Scorer 5 Liga Top Benua Eropa

Pertemuan intens antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi akhirnya sering terjadi mulai musim 2009/2010. Ronaldo yang sudah enam musim memperkuat MU, akhirnya memutuskan bergabung dengan Real Madrid.
Bermain dalam satu liga yang sama, membuat persaingan 'dua monster' sepak bola ini semakin sengit. Kedua pemain berusaha menjadi yang terbaik di La Liga Spanyol, Liga Champions, hingga level timnas.

Tercatat dari sejak 2008 hingga 2018 lalu, dua pemain ini telah berhadapan 35 kali, baik di level klub hingga level timnas. Messi lebih unggul dengan meraih 16 kali kemenangan dengan mencetak 22 gol, sedangkan Ronaldo meraih 10 kemenangan dengan mencetak 19 gol. Sisanya, pertemuan kedua pemain berakhir imbang 9 kali.

Tidak hanya itu, kedua pemain silih berganti meraih penghargaan pemain terbaik Eropa alias Ballon d'Or dalam satu dekade. Di 10 tahun tersebut, Messi dan Ronaldo silih berganti mendapat penghargaan bergengsi itu. Masing-masing mendapatkan lima penghargaan pemain terbaik Eropa.

Persaingan kedua pemain ini, mengingatkan saya dengan situasi politik Indonesia saat ini. Persaingan antara Joko Widodo dengan Prabowo Subianto kembali terjadi di Pemilu 2019. Pertemuan ini merupakan ulangan Pemilu 2014, di mana kedua orang bersaing memperebutkan kursi Presiden Republik Indonesia.

Sebagai penikmat sepak bola, saya juga berharap kedua calon presiden ini bermain cantik dan menjunjung tinggi fair play. Begitu pula dengan kedua pendukung Capres yang harus sportif dan memberikan respect kepada Capres maupun pendukung lawannya.

Saya begitu menikmati pertarungan keduanya saat adu gagasan dan ilmu politiknya layaknya Cristiano Ronaldo maupun Lionel Messi mengeluarkan skill terbaik mereka di atas lapangan. Sesudah laga, Ronaldo dan Messi akhirnya berjabat tangan, begitupula fans kedua pemain maupun klub yang dibelanya.

Mungkin saja, Pemilu 2019 ini jadi persaingan terakhir Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Hal ini yang membuat saya ingin menikmati Pesta Rakyat dengan kegembiraan bukan dengan menebar ketakutan dan kebencian sesama rakyat Indonesia. Siapapun yang terpilih sebagai presiden Capres, tim kampanye maupun pendukung yang kalah wajib berlapang dada.

Di sisi lain, Capres, tim kampanye maupun pendukung yang menang memberi respect dan merangkul yang kalah. Tujuannya, demi Indonesia Maju dan unggul dibanding negara-negara lain.

Selain itu, saya juga masih berharap ada pertemuan antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo di musim 2018/2019 ini. Pasalnya, semenjak Ronaldo pindah ke Juventus, kedua pemain belum saling berhadapan lagi. Ya, semoga harapan itu terwujud di Liga Champions musim ini. (*)

Penulis: suharno
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved