Giat Patroli Malam Bawaslu Temanggung Disiapkan Jelang Hari Pencoblosan, Minimalisir Serangan Fajar

Sesuai arahan dan tugas pokok fungsi jajaran Bawaslu, setiap tahapan pemilu selalu dalam pengawalan dan pengawasan.

Giat Patroli Malam Bawaslu Temanggung Disiapkan Jelang Hari Pencoblosan, Minimalisir Serangan Fajar
ISTIMEWA
Apel siaga Bawaslu Kabupaten Temanggung jelang Pemilu 2019 di Lapangan Maron Temanggung, Jumat (12/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, TEMANGGUNG - ‎Jajaran Bawaslu Kabupaten Temanggung, siap mengawasi jalannya seluruh tahapan Pemilu Serentak ‎17 April 2019.

Bahkan, mereka juga telah mengagendakan patroli malam, jelang hari pencoblosan.

Demikian disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Temanggung, Erwin Nurrachmani‎, pada sela-sela apel siaga, di Lapangan Maron, Jumat (12/4/2019).

"Kami akan melakukan patroli, terutama pada malam hari jelang pencoblosan‎, guna menekan seminimal mungkin potensi pelanggaran pemilu," kata Erwin.

Ia menambahkan, ‎selain itu pihaknya juga bekerja sama dengan Satpol PP, TNI-Polri, serta KPU untuk pembersihan alat peraga kampanye (APK).

Menurutnya, saat hari tenang tak boleh ada lagi APK yang masih terpasang.

"Kami sudah intruksikan ke jajaran Bawaslu hingga ke desa untuk bersama-sama membersihkan APK. Selama hari tenang sudah tidak ada lagi APK yang terpasang," imbuhnya.

Dituturkannya lebih lanjut, apel siaga diikuti seluruh jajaran Bawaslu, mulai dari panitia pengawas tingkat kecamatan (Panwascam)‎, pengawas pemilu tingkat desa atau kelurahan (PPDK), hingga pengawas TPS‎.

Ia menegaskan, sesuai arahan dan tugas pokok fungsi jajaran Bawaslu, setiap tahapan pemilu selalu dalam pengawalan dan pengawasan.

Menurutnya, segala upaya telah dilakukan jajarannya agar pemilu di Kabupaten Temanggung bisa berjalan sesuai aturan berlaku.

Menurutnya, gelaran Pemilu 2019 ini merupakan pengalaman dengan sistem baru.

"Pemilu tahun ini semuanya serentak, berbeda pemilu pada periode sebelumnya," terangnya.

Namun demikian, ia menggarisbawahi, esensinya sama, pemilu adalah perayaan demokrasi yang patut dirayakan secara sukacita, damai, dan rasa kebanggan sebagai sebuah bangsa yang beradab.‎

"Karena itu, kami imbau agar semuanya menggunakan hak pilih sesuai hati nurani. Jangan terpengaruh hanya karena iming-iming uang atau serangan fajar," tutur Erwin. (Yayan Isro' Roziki)

Penulis: yayan isro roziki
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved