KPU Karanganyar Mulai Distribusikan Logistik Pemilu 2019 ke Empat Kecamatan

Pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2019 tinggal menghitung hari, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar

KPU Karanganyar Mulai Distribusikan Logistik Pemilu 2019 ke Empat Kecamatan
TRIBUN JATENG/AGUS ISWADI
Pegawai PT Pos Indonesia sedang memasukan logistik ke dalam box truk di Gedung Serba Guna Kelurahan Cangakan Karanganyar, Jumat (12/4/2019) 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2019 tinggal menghitung hari, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar distribusikan logistik ke empat Kecamatan yang ada di Karanganyar, Jumat (12/4/2019) siang.

Pendistribusian logistik akan berlangsung selama 3 hari, mulai Jumat (12/4/2019) hingga Minggu (14/4/2019). Dalam pendistribusian losgistik itu mengerahkan sebanyak 18 armada truk.

Dari pantauan Tribunjateng.com di Gedung Serba Guna Kelurahan Cangakan Karanganyar, beberapa pegawai dari PT Pos Indonesia sedang mengakut kotak suara ke dalam box truk.

Ketua KPU Karanganyar, Triastuti Suryandari mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan PT Pos Indonesia (Karanganyar), Polres Karanganyar, dan Bawaslu terkait distribusi logistik. "Hari ini kami distribusikan ke Dapil 2 Karanganyar, yakni Kecamatan Karangpandan, Tawangmanggu, Jenawi dan Kerjo, kecuali Ngargoyoso," katanya kepada Tribunjateng dan media lain, Jumat (12/4/2019)

Sementara itu pada Sabtu, (13/4/2019) logistik akan dikirim ke Kecamatan Jumapolo, Jumantono, Jatiyoso, Jatipuro, Gondangrejo, Matesih dan Ngargoyoso. Sedangkan sisanya dari sejumlah 17 kecamatan yang ada di Karanganyar akan dikirim pada Minggu (14/4/2019)

Triastuti menjelaskan, logistik yang dikirim berupa kotak suara beserta perlengkapan lainnya. "Perlengkapan di dalam kotak itu ya, amplop, sampul, surat suara, tinta, alat pencoblos, template dan lain-lain. Adapun perlengkapan di luar kotak suara seperti tanda pengenal, bilik suara, serta ATK sudah didistribusikan," jelasnya.

Logistik Pemilu 2019 nantinya akan diterima Panitia Penyelenggara Pemilu (PPK) di masing-masing kecamatan. Selanjutnya diteruskan ke Petugas Pemungutan Suara (PPS) dan akan didistribusikan ke Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada H-1 pemungutan dan perhitungan suara.

Pihaknya mengaku telah berkoordinasi dengan kepolisian terkait pengamanan logistik di Kecamatan. "Kami tekankan kepada PPK supaya tempat penyimpanannya beri alas. Karena ini berbahan duplek (kotak suara). Jaga kondisi ruang dan kelembapan," terangnya

"Kalau saya lihat di 17 kecamatan itu, sebagian besar logistik disimpan di kantor kecamatan. Bangunannya sudah representatif, Forkopimca juga support kaitannya dengan logistik Pemilu," lanjutnya

Selanjutnya terkait pengamanan saat pendistribusian akan dikawal Polsek di masing-masing kecamatan.(*)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved