Bawaslu Temanggung Lakukan 77 Kali Pencegahan dan Tangani Dua Dugaan Pelanggaran Pemilu

Disebutkan, dua dugaan pelanggaran pidana pemilu tersebut adalah soal netralitas kepala desa (Kades) dan terkait perusakan alat peraga kampanye (APK)

Bawaslu Temanggung Lakukan 77 Kali Pencegahan dan Tangani Dua Dugaan Pelanggaran Pemilu
Tribunjateng.com/Yayan Isro Roziki
Koordinator Divisi Penindakan Bawaslu Temanggung, Maria Ulfa. 

TRIBUNJATENG.COM, TEMANGGUNG - Hingga saat ini, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Temanggung, telah melakukan 77 kali pencegahan potensi pelanggaran pemilihan umum (Pemilu).

Demikian disampaikan oleh Divisi Penindakan Bawaslu Temanggung, Maria Ulfa.

"Pencegahan yang dilakukan, di antaranya dengan mengundang pihak-pihak terkait yang berpotensi melakukan tindakan pelanggaran, maupun mendatangi langsung ke lokasi," kata Maria, dalam konferensi pers di kantor Bawaslu setempat, Sabtu (13/4).

‎Disampaikan, selain penindakan Bawaslu diamanatkan untuk melakukan upaya-upaya pencegahan terlebih dahulu. Sehingga, potensi yang ada tidak sampai pada tahap pelanggaran.

Sementara, untuk kasus dugaan tindak pidana pemilu, menurutnya, ‎terdapat dua kasus yang ditangani oleh Bawaslu bersama sentra penegakan hukum terpadu (Gakkumdu).

Namun, kedua kasus itu tidak berlanjut hingga pengadilan lantaran kurangnya bukti yang ada.

"Kasus dihentikan pada pembahasan kedua, karena kurangnya bukti-bukti yang ada," tuturnya.

Disebutkan, dua dugaan pelanggaran pidana pemilu tersebut adalah soal netralitas kepala desa (Kades) dan terkait perusakan alat peraga kampanye (APK) milik satu di antara peserta pemilu.

Turut hadir dalam konferensi pers tersebut, Ketua Bawaslu Temanggung, Erwin Nurrachmani; Divisi Hukum Data dan Informasi Bawaslu Temanggung, Sam Fery Baehaki; serta Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri (Kasi Pidum Kejari) Temanggung, Bekti Wicaksono. Serta, para awak media di Kota Tembakau. (yan)

Penulis: yayan isro roziki
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved