Cara Mencoblos dan Kenali 5 Surat Suara Pileg - Pilpres, hingga Sah dan Tidak Sah

Pada pemungutan suara Pemilu 7 April 2019 mendatang, agar tak bingung dan salah mencoblos surat suara, ikuti panduan cara coblos surat suara pemilu ag

Cara Mencoblos dan Kenali 5 Surat Suara Pileg - Pilpres, hingga Sah dan Tidak Sah
Warta Kota/Alex Suban
Karyawan percetakan mencetak surat suara tambahan di Percetakan PT Gramedia, Palmerah, Jakarta Pusat, Jumat (12/4/2019). Sejak Kamis (11/4/2019) hingga Sabtu (13/4/2019), PT Gramedia mencetak sekitar 150 ribu surat suara tambahan untuk 15 provinsi pesanan KPU terkait putusan Mahkamah Konstitusi terkait uji materi Undang-Undang No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu Pasal 344 Ayat 2 yang mengatur pencetakan surat suara. 

TRIBUNJATENG.COM - Pada pemungutan suara Pemilu 7 April 2019 mendatang, agar tak bingung dan salah mencoblos surat suara, ikuti panduan cara coblos surat suara pemilu agar tak sia-sia.

Pada Pemilu 2019 ini, merupakan pertama dalam sejarah dilakukan pemilihan secara serentak, yakni Pemilu Legislatif (Pileg), Pemilihan DPD, dan Pemilihan presiden (Pilpres).

Bagi yang usianya menginjak 17 tahun atau pemilih pemula, tentu Pemilu 2019 ini adalah yang pertama turut serta menyampaikan hak suaranya.

Maka, perlu mengetahui cara mencoblos dan urutan-urutan penyampaian hak suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Saat datang ke TPS, jangan lupa membawa undangan untuk mencoblos dari KPU, undangan ditunjukan ke petugas KPPS. Selanjutnya petugas KPPS akan menyesuaikan undangan dengan Daftar pemilih Tetap (DPT) yang ada.

Jika data sesuai, maka dipersilakan duduk di ruang tunggu sembari menunggu panggilan sesuai nomor urut antrean. Ketika dipanggil, anda akan diberi 5 surat suara yang terlipat, selanjutnya menuju bilik suara untuk mencoblos.

Lima surat suara itu antaralain untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR RI, Anggota DPD RI, anggota DPRD Provinsi, dan anggota DPRD Kabupaten atau Kota.

Ada pengecualian yang berlaku di DKI Jakarta di mana pemilih hanya akan mendapatkan empat surat suara dan tidak memilih DPRD Kabupaten/Kota.

Agar tidak bingung saat memberikan hak suaranya di TPS atau bilik suara, kenalilah 5 surat suara yang akan dicoblos.

Surat Suara Presiden dan Wapres

Surat suara untuk memilih presiden dan wakil presiden berwarna abu-abu.

Halaman
1234
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved