FOKUS : Kucing di Karung Uang

BUKAN kucing sembarang kucing. Bukan karung sembarang karung. Semoga bukan kucing di dalam karung. Tidak terasa tibalah rakyat Indonesia pada hari-H

FOKUS : Kucing di Karung Uang
tribunjateng/cetak/grafis bram kusuma
Abduh Imanulhaq atau Aim wartawan Tribun Jateng 

Oleh Abduh Imanulhaq

Wartawan Tribun Jateng

BUKAN kucing sembarang kucing. Bukan karung sembarang karung. Semoga bukan kucing di dalam karung.

Tidak terasa tibalah rakyat Indonesia pada hari-H pemungutan suara Pemilihan Umum 2019. Pada hari ini, sebagai bangsa kita mencatat sejarah baru dengan menyelenggarakan pemilu serentak.

Pada waktu yang sama, rakyat menentukan pemimpin eksekutif dan wakil di lembaga legislatif. Memilih presiden-wakil presiden serta anggota DPD, DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kota/kabupaten.

Kita jelas berharap pemilu sebagai tahap akhir konsolidasi demokrasi berjalan bersih. Pemilu bersih dalam arti pemilih bisa melaksanakan hak politik dengan gembira tanpa perasaan cemas.

Pemilih bisa memilih pemimpinnya dengan pertimbangan rasional. Bukan karena pemberian uang atau arahan pimpinan organisasi, pemuka masyarakat atau birokrasi.

Harapan itu masih saja jauh panggang dari api. Sehari menjelang coblosan, kita mendengar beberapa calon anggota legislatif atau suruhannya tertangkap tangan membagi-bagikan uang kepada calon pemilih.

Di Jawa Tengah, praktik politik uang ini ditemukan antara lain di Kudus dan Purworejo. Kita tak bisa menutup mata, temuan ini hanya merupakan "puncak gunung es" karena yang terjadi pasti jauh lebih masif.

Tak sedikit yang menjuluki siasat money politics ini sebagai kentut berbau busuk. Terendus tapi tak berwujud, tercium tapi tak berbekas.

Halaman
12
Penulis: abduh imanulhaq
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved