Puluhan Guru se-Jateng Ikuti Pendidikan Profesi di UKSW

Total 96 guru di Kota Salatiga, Jawa Tengah, mengikuti program pembelajaran dalam jaringan (daring) pendidikan profesi guru (PPG) tahap kedua 2019.

Puluhan Guru se-Jateng Ikuti Pendidikan Profesi di UKSW
Istimewa
Peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) tahap 2 tahun 2019 di FKIP UKSW saat mengikuti kelas koordinasi dan pelatihan program pembelajaran dalam jaringan, Rabu (17/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Total 96 guru di Kota Salatiga, Jawa Tengah, mengikuti program pembelajaran dalam jaringan (daring) pendidikan profesi guru (PPG) tahap kedua tahun 2019.

Kegiatan ini digelar di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, mulai tanggal 11 April sampai 27 Juni 2019.

Dekan FKIP UKSW Wasitohadi mengatakan sebelumnya seluruh peserta telah terlebih dahulu mengikuti kelas koordinasi dan persiapan.

Melalui sejumlah tahapan itu diharapankan semua peserta selama beberapa waktu ke depan dapat mengikuti pembelajaran daring dan rangkaian kegiatan PPG dengan baik.

"Selama ini UKSW sudah mendapatkan reputasi baik untuk penyelenggaraan kegiatan ini, mari kita pertahankan agar nantinya kegiatan PPG dalam jabatan selama 6 bulan kedepan dapat menjadi sarana belajar dengan baik,” terangnya dalam rilis kepada Tribunjateng.com, Rabu (17/4/2019).

Kunjungi UKSW Salatiga, Menristekdikti Ajak Merawat Kebinekaan Bersama

Koordinator PPG UKSW Wahyudi mengungkapkan PPG tahap kedua ini diikuti 96 peserta dari dua program studi (prodi), yaitu 74 peserta dari Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan 22 peserta dari Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD).

“Selain Salatiga, peserta datang dari beberapa kota di lingkup Jawa Tengah, antara lain Kabupaten Semarang, Blora, Pati, dan Kudus,” katanya.

Dikatakannya, pembelajaran dalam jaringan merupakan salah satu bagian dari rangkaian PPG.

Setelah selesai pembelajaran daringlanjutnya, peserta akan menempuh tahapan lainnya yaitu lapor diri, orientasi, workshop, praktik pengajaran lapangan (PPL), uji kompetensi PPG sampai akhirnya memperoleh sertifikat pendidik.

“PPL akan dilakukan di 30 sekolah mitra FKIP UKSW,” jelasnya.

Meriahkan Suasana TPS, Petugas KPPS di Salatiga Kenakan Kostum Penari Jaran Kepang

Lebih lanjut Wahyudi menambahkan, FKIP UKSW telah masuk dalam 62 Lembaga Pendidikan (Lemdik) dan Tenaga Kependidikan (LPTK) di Indonesia yang diberikan penugasan dari pemerintah untuk menyelenggarakan program tersebut.

Pada tahap pertama tahun 2019 kata dia, PPG UKSW telah meluluskan sebanyak 229 peserta dari 5 program studi, yaitu PGSD, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Prodi Bimbingan dan Konseling, Prodi Pendidikan Matematika, dan Prodi PG PAUD.

“Tahun ini, rencananya akan ada 5 tahap  PPG yang akan diadakan. FKIP UKSW memperoleh penugasan pemerintah untuk menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru (PPG) baik untuk Pra Jabatan dan Dalam Jabatan sejak tahun 2017,” pungkasnya. (ris)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved